Tembakan Peringatan Kapolsek Hentikan Pelarian Pelaku

Tembakan Peringatan Kapolsek Hentikan Pelarian Pelaku

  Minggu, 29 July 2018 11:12
PELAKU PENCURIAN: Para pelaku (baju abu, merah, dan putih) beserta barang bukti saat di Mapolsek Sui Kunyit. (inset) Kendaraan yang digunakan pelaku. WAHYU ISMIR/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Pencuri Beraksi Sore Hari di Minimarket di Sungai Kunyit 

Kapolsek Sungai Kunyit, Ipda Ambril, terpaksa mengeluarkan dua kali tembakan peringatan untuk menghentikan pelarian pelaku pencurian di salah satu minimarket di wilayah hukumnya, Jumat (27/7), sekitar pukul 16.00 WIB. Tiga pelaku pencurian tersebut berhasil diamankan petugas.

WAHYU ISMIR, Mempawah

KAPOLSEK mengungkapkan, kejadian itu bermula ketika tiga pelaku, yakni BE (38), TR (37), dan JA (28) sedang beraksi di salah satu minimarket di Desa Sungai Duri II, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah. Dengan menggunakan kendaraan minibus bernomor polisi KB 1051 SP, ketiga warga Kota Pontianak ini mencari sasaran toko-toko di wilayah pinggiran.

Dalam praktiknya dua pelaku beraksi masuk ke minimarket, sedangkan satu pelaku lainnya menunggu di mobil. Dengan berpura-pura belanja, kedua pelaku terlihat meyakinkan memungut sejumlah produk untuk keperluan sehari-hari. Untuk mengelabui penjaga minimarket, barang-barang tersebut disembunyikan ke dalam pakaian dan jaket agar tidak terlihat.

Setelah merasa cukup mendapatkan barang-barang incarannya, para pelaku pun dengan santainya meninggalkan minimarket, tanpa membayar belanjaan di meja kasir. Keduanya langsung masuk ke mobil dan tancap gas. Rupanya, aksi pelaku telah dicurigai petugas kasir minimarket. Petugas pun melaporkan kejadian itu kepada salah seorang personel Polsek Sungai Kunyit melalui telepon. Petugas juga menyebutkan ciri-ciri kendaraan yang ditunggangi pelaku.

Mendapatkan informasi berharga tersebut, polisi bergerak cepat menggelar razia kendaraan di depan Mapolsek. Dipimpin langsung Kapolsek, Ipda Ambril, petugas siaga menahan setiap kendaraan yang melintas. Dengan ketelitiannya, petugas memperhatian setiap kendaraan yang ditunggangi ketiga pelaku.

Benar saja, tak berselang lama, kendaraan pelaku seperti yang dilaporkan petugas minimarket pun melintas. Dengan sigap petugas Polsek Sungai Kunyit menghentikan laju kendaraan pelaku dengan cara memarkirkan kendaraan patroli ke tengah jalan raya. Bahkan, Kapolsek pun lantas mengeluarkan dua kali tembakan peringatan agar pelaku menghentikan laju mobilnya.

Upaya itu pun membuahkan hasil. Nyali ketiga pelaku ciut mendengarkan letusan tembakan peringatan. Tanpa perlawanan, ketiga pelaku keluar dari kendaraan dan menyerahkan diri kepada petugas. Tanpa kesulitan, petugas juga mendapati barang-barang hasil curiannya di minimarket di Sungai Kunyit itu.

“Barang bukti yang kami amankan berupa unit mobil, sejumlah produk kosmetik, parfum, shampo, minyak gosok, pasta gigi, dan lainnya. Total produk hasil curian tersebut sekitar Rp3 juta,” ungkap Ambril. (*)

Berita Terkait