Telurkan Tri Sukses, Performa Pemerintahan dan Ekonomi Harus Optimal

Telurkan Tri Sukses, Performa Pemerintahan dan Ekonomi Harus Optimal

  Jumat, 23 March 2018 11:00
KINERJA PEMERINTAH: Acara Musrenbang RKPD Kota Singkawang Tahun 2019, Kamis (22/3) kemarin. Har/Pontianak Post

Berita Terkait

SINGKAWANG--Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, Dodi Riyadmadji mengeluarkan “Tri Sukses” dalam rangka percepatan implementasi agenda kebijakan pembangunan dan mengawal transisi kepemerintahan Provinsi Kalimantan Barat. Hal itu disampaikan Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalbar, Syafirah Marlina saat membacakan sambutan Pj. Gubernur Kalbar pada acara Musrenbang RKPD Kota Singkawang Tahun 2019, Kamis (22/3).

Tri Sukses yang dimaksud, yakni pertama adalah sukses pilkada. Dikatakan Syarifah, pada Tahun 2018 ini akan diselenggarakan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di Kalimantan Barat yaitu pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Walikota dan Wakil Walikota Pontianak, Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya, Bupati dan Wakil Bupati Mempawah, Bupati dan Wakil Bupati Sanggau serta Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara.

“Untuk itu kita sebagai aparatur pemerintah maupun warga masyarakat berkewajiban mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi tersebut,” katanya. Kemudian, yang kedua adalah sukses penyelenggaraan pemerintahan. Hal ini, katanya, untuk melanjutkan momentum ketercapaian kinerja pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur Periode 2013-2018.

“Program-program pembangunan daerah yang di implementasikan waktu itu harus disesuaikan dengan prioritas daerah,” ujarnya Selain itu, Tri Sukses yang ketiga adalah, sukses pertumbuhan ekonomi. Dimana peran serta pemerintah daerah untuk meningkatkan ketercapaian pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat yang saat ini sekitar 5,20 – 5,70 persen.

Untuk itu, diharapkan kepada Pemerintah Kota Singkawang dan seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan sinergi dan koordinasi dengan berbagai pihak dalam ketercapaian program “Tri Sukses” ini. Sementara itu,  Walikota Singkawang,  Tjhai Chui Mie mengungkapkan Musrenbang RKPD hari ini merupakan Musrenbang RKPD pertama bagi kepemimpinannya bersama Wakil Walikota Singkawang, Irwan.

“Sekalipun pertama kali dimasa kepemimpinan kami, namun perencanaan pembangunan untuk Tahun Anggaran 2019 yang akan disusun, merupakan pelaksanaan tahun kedua dari periode kepemimpinan kami untuk lima tahun kedepan,” katanya. Forum Musrenbang, dikatakannya mempunyai arti penting bagi pemangku kepentingan untuk melakukan penajaman, penyelarasan dan klarifikasi. Sehingga tercapai kesepakatan terhadap RKPD Kota Singkawang Tahun Anggaran 2019.

“Forum ini akan menyelaraskan program-program pembangunan daerah yang akan didanai dari berbagai sumber pendanaan, baik itu melalui APBD Kota Singkawang, APBD Provinsi Kalimantan Barat maupun melalui APBD Pusat,” katanya. Menurutnya, penyelarasan yang dilakukan dengan mengedepankan prinsip yang mendorong tercapainya keserasian, efektifitas dan efisiensi pemanfaatan sumber pendanaan daerah.

“Untuk itu, diperencanaan pembangunan dalam RKPD Tahun Aanggaran 2019, saya bersama Bapak Irwan akan memaksimalkan target-target pembangunan sesuai visi kami ingin menjadikan Singkawang Hebat 2022,” ujarnya. Demi terlaksana dan tercapainya target itu, dirinya berharap dukungan dari berbagai pihak termasuk Pemerintah Provinsi Kalbar dan seluruh Stakeholder.

“Dukungan itu tidak hanya bersifat moril, namun pula bersifat materiil. Sehingga kekuatan untuk menyelesaikan pekerjaan dapat terlaksana dalam mewujudkan Singkawang Hebat,” pungkasnya Tampak hadir Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Kalbar mewakil Pj. Gubernur Kalbar, Wakil Ketua DPRD Singkawang, Pj. Sekda Singkawang, Kepala OPD dan perwakilan masyarakat se Kota Singkawang. (har)

Berita Terkait