Teluk Mak Jantu yang Tetap Cantik

Teluk Mak Jantu yang Tetap Cantik

  Senin, 22 April 2019 11:28

Berita Terkait

Memeluk Pulau Simping

KE Singkawang? Belum komplit kalau belum berkunjung ke Teluk Mak Jantu. Sebuah lokasi wisata. Di kelurahan Sedau, dusun Teluk Karang. Di Teluk Mak Jantu ini ada pulau terkecil di Indonesia. Bahkan dunia. Pulau Simping namanya.

Menurut Malik, cerita berawal dari seorang wanita yang diberi sebutan Mak Jantu dikarenakan wanita ini sering membantu warga menjantu (Memungut) buah-buahan yang jatuh. Karena jika tidak dibantu, masyarakat akan rebutan dan berkelahi. 

Mak Jantu yang tadinya dianggap sakti membuat sikap masyarakat  berlebihan. Mereka meminta-minta di Kampung Teluk tempat Mak Jantu tinggal. Mereka bahkan sampai memberikan sesajen buat Mak Jantu. Mak Jantu menolak diperlakukan seperti itu. Ia memilih pindah ke hulu Sungai Sedau yang disebut dengan Sungai Derake. 

Kemudian datanglah beberapa kapal lanun dari Eropa yang ingin menangkap gadis-gadis cantik di Kampung Teluk. Karena mendapat iming-iming hadiah, masyarakat memberi tahu bahwa di ujung sungai Sedau, ada Mak Jantu yang cantik jelita. 

Cerita tentang Mak Jantu ini simpang siur. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Teluk Mak Jantu Adalah Teluk Mak Janda Hantu. 

 

Pulau Terkecil di Dunia 

Pulau Simping ini diklaim sebagai pulau terkecil di dunia dan telah diakui dan tercatat di PBB. Pulau ini sebelumnya disebut dengan nama Pulau Tanjung Dua yang hanya memiliki ukuran kurang dari 1 hektar. 

Terletak pada koordinat 0o 52′ 2″ Lintang Utara (LU) dan 108o 67′ 11″ Bujur Timur (BT). Pulau Simping dulu ada penghuninya, tetapi kemudian berangsur pindah karena abrasi. Pulau itu lama-lama mengecil dan menjadi pulau terkecil di dunia.

Pulau Simping ini diklaim sebagai pulau terkecil di dunia dan telah diakui dan tercatat di PBB.

Pulau Simping adalah sebuah pulau yang terletak di Teluk Mak Jantu. Tepatnya di kawasan Pantai Sinka Island, Singkawang Selatan, Singkawang, Kalimantan Barat.

Untuk menjangkau pulau, memerlukan waktu 2-3 jam perjalanan dari Kota Pontianak dengan menggunakan kendaraan pribadi atau travel yang menyediakan jasa perjalanan dari Kota Pontianak menuju Kota Singkawang dengan biaya sekitar Rp200 ribu.

Pulau Simping terdiri dari pasir, bebatuan, dan pepohonan yang tumbuh diatasnya. Di pulau ini terdapat kelenteng sebagai tempat ibadah untuk warga Tionghoa. Pemandangan yang indah dapat kita saksikan dari pulau ini. Meskipun air lautnya tak begitu jernih, namun hamparan pantai yang memanjang, taman rekreasi, dan pengunjung yang sedang berekreasi menjadikan pulau ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Kedalaman laut di sekitar pulau ini tergolong dangkal memungkinkan anda leluasa untuk berenang atau hanya sekedar bermain air.

Dari THEAUTOBLOG dan Sumber lain.

Berita Terkait