Tatung Minta Berkah

Tatung Minta Berkah

  Jumat, 2 March 2018 11:00
RITUAL CUCI JALAN: Sehari sebelum beraksi, ratusan tatung pun melakukan ritual Cuci Jalan. Jalan-jalan protokol Kota Singkawang menjadi meriah didominasi warna merah dengan kehadiran tatung menjelang aksi mereka hari ini. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Ritual Cuci Jalan 

SINGKAWANG—Aksi Cuci Jalan menjadi ritual sakral yang pasti ada jelang perayaan Cap Go Meh, seluruh tatung mengawalinya mulai berjalan berombongan menuju Pe Kong Tua Vihara Bumi Raya Kota Singkawang untuk mendapatkan restu dari Tian agar sebelum Cap Go Meh berlangsung seluruh kota, jalanan-gang kota Singkawang bersih dari gangguan roh jahat.

Para peserta tatung menjalani ritual cuci jalan di beberapa vihara yang ada di Kota Singkawang, Kamis (1/3). Jumlah tatung yang datang tidak bisa dihitung kasat mata, karena saking ramainya manusia berjibun di depan  Vihara Tri Dharma Bumi Raya di pusat Kota Singkawang. Tujuan kedatangan para tatung meminta berkah dari para Dewa untuk kelancaran acara Cap Go Meh.

Sebagaimana ritualnya cuci jalan, kedatangan para tatung ini berada dalam kondisi kerasukan ketika tiba di vihara. Hal itu bisa terlihat dari pergerakan tubuh para tatung yang rata-rata bergerak di luar kontrol, namun hal itulah yang biasanya dilakukan para Tatung dalam acara Cuci Jalan ini.

Setibanya di Vihara  Tridharma Bumi Raya Singkawang itu para Tatung turun dari tandunya menuju ke dalam vihara. Disitu, para Tatung terlebih dulu meminta berkah ke tempat pembakaran dupa yang terletak di sisi kiri dan kanan vihara sebelum masuk ke dalamnya.

Setibanya di dalam vihara, para Tatung melempar semacam dadu berwarna merah untuk meminta peruntungan. Setelah itu, sang Tatung akan bersembahyang dan mengelilingi dalam vihara sebelum akhirnya pergi. Di luar, para rekan Tatung pun telah bersiap untuk membawa sang Tatung konvoi menyempurnakan agendanya sebelum Cap Go Meh tiba.

Moment tersebut pun sepertinya tak mau disia-siakan oleh warga lokal maupun tamu yang sudah datang ke Singkawang untuk menyaksikan ritual itu tepatnya di Vihara Tri Dharma Bumi Raya (pusat kota) Singkawang. Ribuan warga tumpah ke jalan menyaksikan atraksi sakral tersebu sebelum perhelatan Cap Go Meh dilakukan.

Salah satu tatung, Susi Susanti (28) mengatakan, ritual cuci jalan bertujuan untuk mengusir atau membersihkan segala bala dan roh jahat yang ada di seluruh kota. Wanita yang sudah belasan tahun ikut dalam perhelatan Cap Go Meh ini akan turun sebanyak 8 rombongan dari Pekong Jl Tani Gang Bersama

"Kita ada 8 rombongan yang terdiri dari 6 tatung pakai tandu dan 2 tatung jalan kaki," ungkapnya. Menurutnya, tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti Cap Go Meh. "Paling makan vegetarian selama tiga sebelum tampil," ujarnya. Jumlah tatung yang akan beratraksi pada perhelatan Festival Cap Go Meh Singkawang pada Jumat (2/3) ada sebanyak 1.038 tatung.

Para tatung akan berjalan mengikuti rute yang sudah ditentukan, antaralain, dimulai dari simpang empat Kantor Imigrasi menuju ke Jl Firdaus, Jl Pangeran Diponegoro, Jl Kepol Mahmud, Jl Sejahtera, Jl Budi Utomo, Jl Hasan Saad, Jl Setia Budi, Jl Niaga, Jl Pai Bakir dan finis di simpang empat Hotel Prapatan. 

Dibuka Menteri Agama 

Direncanakan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin bakal membuka dan melepas pawai tatung pada perayaan Cap Go Meh kota Singkawang tahun ini. Bersama menteri lainya akan menyapa warga Singkawang mewakili Presiden RI Joko Widodo yang batal hadir. Dalam rencana jadwal kedatangan tamu VVIP ini, rombongan tamu Menteri beserta jajarannya dan tamu VIP lainya akan datang ke Singkawang sekitar 07.00 wib Jumat (2/3) mendatang. Namun jadwal diatas sifatnya masih sementara alias tentative, berubah sesuai dengan kondisi waktu dan lapangan nantinya.

 “Susunan jadwal acara sudah ada. Namun sifatnya masih sementara alias tentatif sehingga bisa berubah-berubah sesuai situasi lapangan nantinya,” ungkap Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Diskominfo Singkawang, Evan Ernanda kepada koran ini Rabu (28/2).

Terkait jadwal ini, kata dia, juga sudah dikomunikasikan dengan Panitia Imlek dan Cap Go Meh kota Singkawang. Rencananya seluruh Menteri dan tamu VVIP akan singgah di Balairung Kantor Walikota Singkawang termasuk Forkopimda Provinsi Kalbar dan Forkopimda Singkawang. Setelah itu kurang lebih 30 menit transit di kantor Wali Kota maka akan memasuki lokasi acara CGM menuju Panggung Kehormatan. Untuk teknis lainya, kata dia, sudah dilakukan pengaturan agar acara berjalan sebagaimana mestinya.

Terpisah, Kapolres Kota Singkawang, AKBP Yury Nurhidayat mengatakan, untuk pengamanan jumlah personil khusus perayaan Cap Go Meh 1.184 baik dari Polri maupun TNI. Dari Polri, Polres Singkawang, Brimob, Polres Sambas, Polres Bengkayang, Dit Sabhara, Dit Pam Obvit, Dit Lalu Lintas, Dit Intelkam, Dit Reskrim. 

“Semua operasional dari Polda akan membackup kita yang ada di Polres Singkawang,” katanya.

Pantauan koran ini di lapangan, terutama di Jalan Pangeran Diponegoro, seluruh persiapan telah dilakukan baik oleh Pemkot Singkawang maupun Panitia Cap Go Meh 2018, termasuk pendirian panggung utama maupun tempat duduk bagi tamu VVIP. VIP serta tamu undangan lainya. Selain itu, Satlantas Polres Singkawang juga telah melakukan ploting blokade jalan dengan sistem buka tutup jalan sebelum digelarnya Cap Go Meh nantinya. (har)

Berita Terkait