Tata Kawasan Tepian Sungai

Tata Kawasan Tepian Sungai

  Senin, 31 December 2018 09:59
TANAM PUTAT: PKM Poltesa gandeng Pokdarwis laksanakan penanaman pohon Putat di tepi sungai.

Berita Terkait

PKM Poltesa Tanam Pohon Putat

SAMBAS – Belum lama ini, Prodi Manajemen Informatika Politeknik Negeri Sambas mengadakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PKM), dengan melakukan penanaman pohon putat di sepanjang tepian sungai sekitar Desa Sumber Harapan, Kecamatan Sambas. PKM yang diketuai oleh Andri Hidayat ST M Kom beranggotakan Sabahan SP M Si dan dibantu oleh dua Mahasiswanya, bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata Ketunjung, yang diketuai oleh Melati. 

“Program PKM yang dilakukan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan desa Sumber Harapan sebagai desa wisata budaya tenun, dengan penataan kawasan tepian sungai di sekitar desa. Dengan melakukan penanaman pohon Putat (Barringtonia. spp) diharapkan penataan kawasan tepian sungai dapat dijadikan sebagai usaha untuk mempromosikan potensi kawasan tepian sungai,” kata Andri. Lebih lanjut menurut Andri, untuk mewujudkan wacana tersebut, tentulah tidak mudah, banyak hal yang

merintangi, misalnya masalah kelangsungan hidup biota sungai seperti ikan dan udang, abrasi sungai, dan masih kurangnya kesadaran masyarakat yang memanfaatkan fungsi sungai sebagai aset wisata. 

“Untuk mengatasi permasalahan tersebut, tim PKM merasa perlu memberikan solusinya dengan menggandeng kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sebagai mitra dalam kegiatan ini. Adapun solusi yang ditawarkan adalah dengan mendesain kawasan tepian sungai menggunakan aplikasi BLENDER sehingga menjadi acuan untuk melakukan penanaman pohon Putat sebagai pohon yang digunakan untuk penataan tepian sungai di desa Sumber Harapan,” jelas Andri lagi. 

Menurut Dia, dipilihnya pohon Putat, karena pohon ini mudah tumbuh di tepian sungai dan akarnya dapat menahan tanah atau lumpur dari gerusan air dan gelombang, serta deretan pohon ini dapat menghalangi sampah yang berasal dari aliran sungai. Sebanyak kurang lebih 600 pohon Putat yang ditanam di sepanjang 350 meter tepian sungai di Desa Sumber Harapan, yang melibatkan warga Desa Sumber Harapan khususnya Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Ketunjung dan Pemuda yang tergabung Karang Taruna Lestari. 

Antusias warga terhadap kegiatan seperti ini sangat besar terlihat dari banyaknya masyarakat, yang berharap  akan adanya kelanjutan kegiatan seperti ini baik yang dilakukan oleh TIM PKM Poltesa dan masyarakat maupun dari dinas atau instansi terkait sehingga nantinya seluruh tepian sungai di Desa Sumber Harapan bisa ditanami pohon Putat.(fah)

Berita Terkait