Tarhib Ramadhan Jelang Puasa

Tarhib Ramadhan Jelang Puasa

  Selasa, 15 May 2018 10:21
ANTUSIAS: Para Jemaah yang tergabung dalam komunitas muslimah di Kota Pontianak dan sekitarnya antusias mengikuti tarhib ramadhan. Ashri/Pontianak Post

Berita Terkait

SUNGAI RAYA– Jelang  Ramadan, Pimpinan Wilayah Salimah Kalimantan Barat mengimbau masyarakat terutama kaum muslimah di Kalimantan Barat agar lebih mantap meningkatkan kualitas amal  ibadah sepanjang ramadan.  “Kami harap, Ramadan bisa menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan kualitas diri dan memberdayakan diri menjadi lebih produktif dan berkontribusi positif dalam m endorong keluarga dan masyarakat sekitarnya untk meraih ketakwaan di bulan ramadan,” kata Humas PW Salimah Kalbar, Anita usai menghadiri tarhib ramadan dan forum silaturahim Mejlis Taklim se Kota Pontianak belum lama ini di Masjid Raya Mujahidin. 

Anita mengatakan bagi siapa saja yang memahami keutamaan dan  hakikat kemuliaan ramadan tentu menyadari Ramadan merupakan salah satu peluang yang baik dalam meraih pahala sebanyak-banyaknya. Karenanya, lanjut dia, beragam ilmu yang berkaitan dengan puasa adalah sebuah keniscayaan dan harus dikuasai sehingga  puasa dan amal ibadah lainnya yang dilakukan sepanjang bulan suci ini bisa lebih maksimal.  

Dalam tarhib ramadan yang dibalut dengan kajian majelis taklim se Kota Pontianak tersebut, menghadirkan ustadz Fatahillah Abror, S.Ag, M.Si yang memberikan ceramah dengan tema  Meraih ketaqwaan dengan Menjadi Muslimah Produktif dan Kontributif. 

Ustadz Fatahillah menyatakan bahwa Ramadan merupakan bulan keberkahan, bulan rahmat,  bulan maghfirah dan bulan kemuliaan bagi orang2 beriman. “Kewajiban berpuasa juga telah diatur di dalam Alquran surah Al-Baqarah 183, yang artinya hai orang-orang beriman diwajibkan kamu berpuasa sebagaimana orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa,” ujarnya. 

Adapun beberapa Persiapan yang hendaknya dilakukan  dalam memasuki bulan ramadan seperti persiapan ruhiyah atau kebersihan hati, persiapan menambah wawasan dan pengetahuan, persiapan fisik, persiapan maaliyah atau harta. “Tentunya kita sama-sama berharap semua kebutuhan selama ramadan ini sudah bisa kita persipakan sejak saat ini. Apalagi bagi kalangan muslimah, tentunya ini menjadi nilai tambah sendiri jika semua hal tersebut bisa dilakukan, karena muslimah yang produktif dan kontributif adalah muslimah yg mengerahkan seluruh potensi dirinya utk bermanfaat bagi orang lain,” jelasnya. 

Fatahillah menambahkan, Rasulullah bersabda, sebaik- baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi org lain. (HR.Ahmad). “Untuk itu, agar Ramadhan menjadi keberkahan bagi kita, perlu mengoptimalkan ibadah ramadhan kita dengan puasa Ramadhan yang dibarengi dengan Sholat tarawih, Tilawah Quran, Zakat, infaq, dan shodaqah, Umroh Serta amal ibadah lainnya dan tentunya kita sama-sama beharap dan berdoa semoga Ramadan pada 1439 Hijriah ini, kita dilimpahi keberkahan dan kita bisa meraih ketakwaan kepada Allah Subhanahu wata’ala,” ungkapnya. (ash) 

Berita Terkait