Tantangan Saat Ingin Menikah Lagi

Tantangan Saat Ingin Menikah Lagi

  Sabtu, 18 May 2019 11:30

Berita Terkait

Pernikahan merupakan momen yang sangat dinantikan. Lalu bagaimana dengan orang yang sudah menikah sebelumnya kemudian kembali berumah tangga? Pernikahan kedua juga bisa memberikan tantangan tersendiri bagi mereka yang menjalaninya.

*Berusaha move on

Sebelum menjalin hubungan yang baru dan memutuskan untuk menikah lagi untuk kedua kalinya, tanyakan pada diri sendiri apakah sudah betu-betull move on atau merelakan pernikahan sebelumnya. Pastikan bahwa pasangan yang baru bukanlah sekadar 'pelarian' karena belum melupakan mantan pasangan sebelumnya. Apa pun alasan perceraian sebelumnya, baik itu kematian pasangan atau hubungan yang tak lagi harmonis, sah-sah saja jika memiliki masa 'berkabung' sebelum melanjutkan hubungan yang baru.

*Mengambil pelajaran dari masa lalu

Pada dasarnya, di balik kesalahan dan pengalaman hidup yang dilewati. Ada hal yang bisa dipelajari. Cobalah untuk menelaah, jika memang kebiasaan dapat merugikan diri sendiri serta orang lain, cobalah untuk diubah.

*Membesarkan anak

Seperti dilansir pada jurnal The Linacre Quarterly pada tahun 2014, disebutkan bahwa anak akan mengalami 'perjuangan psikis' dalam 1 sampai 2 tahun pertama setelah orang tua bercerai. Anak akan mengalami stres, marah, kecewa dan tidak bisa menerima perpisahan kedua orang tuanya. Perceraian tentu saja akan menyebabkan dampak emosional bagi seluruh keluarga, namun bagi anak-anak, situasi ini dapat berubah menjadi mengerikan, membingungkan dan menimbulkan rasa frustasi.

Perlu membicarakan secara detail dengan mantan pasangan sekaligus pasangan baru, mengenai pembagian hak asuh anak. 

*Hubungan dengan mantan pasangan

Meski sudah bercerai dan hubungan termasuk baik dengan mantan pasangan, belum tentu mantan pasangan akan sudah mengikhlaskan menikah lagi untuk kedua kalinya, apalagi jika kasusnya melibatkan anak. Jika memang Anda berencana atau tengah mempersiapkan pernikahan kedua, pertimbangkan baik-baik dan siapkan segala sesuatu untuk menghadapi berbagai tantangan. (*/jpnn)

Berita Terkait