Tantangan Karir Semakin Besar

Tantangan Karir Semakin Besar

  Rabu, 11 July 2018 10:00

Sepuluh Idol Syuting Klip Bersama

Para idol berkumpul untuk syuting klip video kemarin (10/7). Tidak hanya dari Indonesian Idol season terbaru seperti Jodie, Ayu, Abdul, Joan, Glenn, dan Marion. Ada alumni musim terdahulu seperti Nowela dan Citra Scholastika. Pun Sharon dan Rian yang merupakan Idol Junior. Mereka syuting klip video untuk lagu Bersatulah Indonesia di sebuah studio di kawasan Jakarta Barat. Project lagu itu merupakan remake dari lagu yang pernah dibawakan alumni Idol terdahulu. Di sela-sela persiapan take, Jodie, Ayu, Joan, dan Abdul menceritakan kesibukan mereka setelah digembleng di Indonesian Idol. (nor/c25/nda)

Brisia Jodie

Single Debut Meledak

Begitu ”lulus” dari Indonesian Idol, Jodie langsung masuk ke industri musik. Single debut Dengan Caraku karya Yovie Widianto dibawakan berduet dengan Arsy Widianto, putra Yovie. Dalam sekejap, single itu meledak. Sudah ditonton lebih dari 7,8 juta kali di YouTube, menduduki nomor satu di iTunes selama tiga minggu, memuncaki beberapa digital platform. 

”Bangga, nggak nyangka, aku kan baru banget,” Jodie mengungkapkan perasaannya. ”Tapi, ini karena pengaruh lagunya ciptaan Mas Yovie sang maestro dan hitmaker. Dan aku duet dengan anaknya,” lanjut Jodie. 

Permintaan tampil off air maupun on air pun melonjak. Mahasiswi Hubungan Internasional UPN Jogjakarta itu bersama Arsy berkomitmen untuk selalu menyanyikannya secara live. 

Jodie mengakui, keberhasilan debut single tersebut menjadi tantangan besar untuk dia ke depannya. ”Makin deg-degan nih mau ngeluarin single lagi,” ucapnya. 

Dia berharap single berikutnya merupakan lagu ciptaannya. Masih dengan karakter khas Jodie yang mellow. ”Aku ingat pesan Bunda Maia, ’Kamu akan terus bersinar di musik kalau nyiptain lagu mellow’,” tuturnya. Rencananya, lagu baru itu dirilis sekitar dua bulan mendatang. 

Joan Idol

Enjoy Main Sitkom

Berbeda dengan yang lain, Joan terjun ke dunia akting. Tiga besar Indonesian Idol 2018 itu bermain dalam sebuah sitkom. Sebelumnya, dia pernah menjadi bintang tamu dalam tayangan variety show di televisi. ”Setelah Idol, banyak kegiatan baru yang Tuhan percayakan kepada Joan. Misalnya, ikut sitkom, itu anugerah,” tuturnya. 

Bagaimana rasanya berakting? ”Asyik. Di kampus Joan pernah ikut teater. Itu mempermudah saat berakting di sitkom,” ucapnya sembari menambahkan saat ini dia menjalani kehidupan dengan mengalir saja. ”Di mana Tuhan buka jalan, di situ Joan akan fokus,” lanjut pemilik nama panjang Joanita Chatarine tersebut.

Di sela menunggu take, Joan mendapatkan kejutan kue ulang tahun dan ucapan selamat. Ternyata Joan berulang tahun ke-21 pada 8 Juli lalu. ”Nggak nyangka dapat surprise, padahal ultahnya udah lewat,” kata Joan sambil memeluk teman-temannya. Di umur 21 ini, dia ingin menjadi pribadi yang lebih baik. 

Ayu Idol

Cuti Kuliah demi Karir

Pemilik nama panjang Ayu Putrisundari ini mengaku kesehariannya berubah drastis selepas Indonesian Idol 2018. Hari-harinya banyak diisi jadwal menyanyi on air maupun off air, juga photoshoot. Untuk itu, Ayu harus menetap di Jakarta. 

Perempuan yang tercatat sebagai mahasiswi semester empat Jurusan Penyajian Musik Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta itu pun harus rela cuti kuliah. ”Saat ini memang ingin fokus ke karir dulu,” ucapnya. Keputusan tersebut disetujui orang tua. 

Melihat sesama kontestan ada yang sudah merilis single menjadi motivasi lebih buat Top 4 Indonesian Idol 2018 itu. ”Aku support mereka. Untuk aku sendiri, tetap berkarya sesuai karakter Ayu,” tutur penyanyi yang dikenal dengan gaya swag-nya tersebut. 

Ayu menyiapkan beberapa lagu yang dibuatnya sendiri. Bernuansa R&B kekinian yang cocok dengan warna vokal Ayu. ”Tapi, mesti diskusi dulu dengan tim. Insya Allah, ditunggu aja,” lanjutnya.

Ahmad Abdul

Siapkan Lagu Berbahasa Inggris

Sebagai runner-up Indonesian Idol 2018, pria kelahiran Kupang, 31 Mei 1990, ini sudah mengeluarkan single Yang Terbaik. Lagu tersebut dirilis dalam dua versi. Dinyanyikan oleh grand finalist Indonesian Idol, Maria Simorangkir (yang menjadi juara), dan versi Abdul. Lagu itu mendapat respons yang bagus dari pendengar. 

Setelahnya, pria yang disebut punya warna vokal seperti Adam Levine tersebut menyiapkan single sendiri. ”Baru workshop. Lagunya dalam bahasa Inggris,” kata Abdul yang pernah menjadi penyanyi kafe itu. 

Bagi sulung di antara tiga bersaudara tersebut, ajang pencarian bakat Indonesian Idol menjadi jembatan baginya untuk masuk ke industri musik. ”Proses di balik itu sebenarnya nggak instan,” kenangnya. Kapan single baru Abdul akan dirilis? ”Saya belum tahu kapan, tapi secepatnya,” ucap dia.