Tangis Warnai Keberangkatan

Tangis Warnai Keberangkatan

  Selasa, 31 July 2018 10:00
BERANGKAT: Calon Jamaah Haji dilepas keberangkatannya di Kantor Bupati Landak, Senin (30/7) lalu. Bagian lain, Bupati Paolus Hadi melepas langsung JCH. MIFTAHUL/SUGENG/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Jemaah Haji Landak 53 Sanggau 109

NGABANG/SANGGAU–Tangis dan doa mengantarkan keberangkatan calon jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Landak dan Sanggau menuju tanah suci, Senin (30/7) pagi.

Di Ngabang, acara pelepasan berlangsung di Kantor Bupati Landak. Sebanyak 53 orang yang terdiri dari 24 jemaah laki laki dan 29 jemaah perempuan berbaur bersama keluar pengantar dan pihak kepolisian yang mengawal keberangkatan mengunakan bus tersebut. Rombongan jemaah dilepas keberangkatannya dari Kantor Bupati Landak oleh Asisten II Pemda Landak. Rombongan diberangkatkan menggunakan dua unit mobil Bus milik Damri dan dikuti mobil para pengantar dengan mendapat pengawalan dari Patwal Lantas Polres Landak hingga tiba di penampungan yaitu Asrama Haji Pontianak.

Sebelumnya di ruangan Aula Besar Kantor Bupati telah dilakukan pembekalan kepada para jemaah tentang ketentuan yang harus dipenuhi jemaah calon haji agar dalam rangkaian proses ibadah dapat berjalan dengan baik. Dalam rangkai kegiatan juga dilantunkan salawat dan pembacaan ayat suci Al quran.

Asisten II Pemda Landak Jaya Saputra menyampaikan permohonan maaf dari Ibu bupati yang tak dapat hadir dalam pelepasan tersebut. Namun, ia menyampaikan pesan bupati agar para calon jemaah haji kabupaten landak untuk selalu ikhlas dan sabar dalam melaksanakan ibadah haji. Terutama mengenai kesehatan karena suhu udara yang sangat berbeda dengan di tanah air.

Para CJH diminta untuk memelihara martabat dan kebersamaan. “Hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain, Ibadah haji yang dilaksanakan hendaknya membawa perubahan prilaku yang lebih baik, Khusus Petugas Pemandu Haji Daerah (PPHD) berikanlah pelayanan terbaik kepada para jemaah haji," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Landak M Natsir mengatakan sebelum terbang ke Batam, para CJH akan tiba di penampungan yaitu Asrama Haji Pontianak. "Pukul 16.00 WIB, jemaah kita harus tiba di Pontianak. Sebab, barang bawaan jemaah akan ditimbang oleh petugas haji. Makanya, kita ambil alternatif menempuh Jalan Tayan. Sebab, jarak tempuh terbilang singkat," jelasnya.

Calon Jemaah haji Landak bergabung di kloter 13 bersama jemaah haji Mempawah, Melawi, Sanggau dan Kubu Raya. 

"Jemaah kita berada di rombongan tujuh regu 25, 26, 27 dan 28. Kemudian, rombongan delapan yang terdiri dari regu 29 dan 30. Untuk nomor Maktab yakni 47 dengan nomor rumah 906 sektor sembilan wilayah Misfalah,” jelasnya. 

109 Jemaah

Hal yang sama juga berlaku di Sanggau. Bupati Sanggau, Paolus Hadi melepas JCH, Senin (30/7) pagi kemarin di halaman Kantor Bupati Sanggau. Jemaah calon haji asal Sanggau merupakan kloter 13 Tahun 2018 dengan jumlah 109 orang. Laki-laki berjumlah 52 orang dan wanita berjumlah 57 orang. Kecamatan Kapuas menjadi penyumbang terbanyak yakni 54 orang. Kemudian disusul Kecamatan Tayan Hilir 11 orang, Tayan Hulu 9 orang, Mukok 4 orang, Meliau 16 orang, Parindu 2 orang, Sekayam 9 orang, Kembayan 1 orang dan Balai (Batang Tarang) 3 orang ditambah 4 Petugas Pembantu Jamaah Haji Daerah (PPHD).

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sanggau yang diwakili oleh Saukani menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau yang telah memberikan support serta memfasilitasi para calon haji mulai dari manasik sampai pemberangkatan.

Sementara itu, Bupati Paolus Hadi mengatakan ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima dan merupakan kewajiban bagi setiap umat islam yang mampu menunaikannya.

Bupati mengharapkan para jamaah tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan, saling tolong-menolong, memelihara sopan santun, ahlak yang mulia dan tata pergaulan baik sesama jamaah maupun antarnegara. (mif/sgg)

Berita Terkait