Tanggulangi HIV/AIDS, WPA Dibentuk

Tanggulangi HIV/AIDS, WPA Dibentuk

  Jumat, 9 December 2016 09:30

Berita Terkait

SINTANG-Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Sintang, Murjono mengatakan, Sintang sudah membentuk warga peduli HIV/AIDS (WPA). Pembentukan itu sebagai upaya penanggulangan HIV/AIDS. 

“WPA terdiri atas berbagai kelompok yang peduli terhadap penanggulangan HIV/AIDS. WPA turun ke masyarakat bersosialisasi bahaya HIV/AIDS,” katanya.

Menurutnya, kini HIV/AIDS sudah menyebar hampir di seluruh kecamatan di Sintang. Karena itu, lanjutnya, KPA selalu memperhatikan, memantau, dan mengevaluasi penanggulangan  HIV. 

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan, HIV/AIDS merupakan persoalan global yang mendunia. Sehingga, dibutuhkan komitmen global dalam penanggulangannya.

“Kasus  HIV/AIDS merupakan fenomena gunung es. Data yang terungkap sejak 2006 hingga 2016 sebanyak 417 kasus di Sintang.  Itu adalah kasus yang diketahui, dan kemungkinan lebih besar dari angka tersebut faktanya,” kata Jarot.

Menurut dia, HIV/AIDS dengan sebaran usia ada yang dibawah 15 tahun, untuk usia 15 tahun hingga 49 tahun juga sangat banyak. Dari catatan kita, usia 15 tahun ada 19 kasus HIV. Sementara dibawah usia 24, ada 104 kasusnya.

Jarot turut  memberikan semangat kepada pengidap HIV/AIDS. Jangan sampai kehilangan semangat hidup. Begitu pula dengan masyarakat jangan mengucilkan. Pasalnya HIV tidak mudah menular. Kecuali melalui transfusi darah, hubungan seksual dan ASI.

Jarot  menambahkan,  kunci  pencegahan  HIV/AIDS yakni  melakukan pencegahan  dini. Kemudian  melibatkan pemberdayaan wanita, supaya HIV/AIDS di  Sintang bisa ditangani dengan baik dan benar. (stm)

 

Berita Terkait