Tambahan PPK Pasca Putusan MK

Tambahan PPK Pasca Putusan MK

  Kamis, 3 January 2019 16:36
PPK TAMBAHAN: Ketua dan Komisioner KPU Sambas berfoto bersama dengan anggota PPK tambahan usai dilantik di Aula Kantor KPU Sambas, kemarin.

Berita Terkait

KPU Gunakan Daftar Tunggu

SAMBAS – Pasca putusan Mahkamah Konstitusi RI (MKRI), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sambas melantik tambahan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk 19 kecamatan, masing-masing dua orang. 

“Salah satu isi putusan MK adalah mengembalikan jumlah keanggotaan PPK menjadi lima orang. Itu kami laksanakan sekarang. Artinya dari 19 PPK, masing-masing bertambah dari tiga menjadi lima orang,” kata Ketua KPU Sambas, Sudarmi SPd, Rabu (2/1) usai pengambilan sumpah dan pelantikan tambahan anggota PPK se-Kabupaten Sambas di aula Kantor KPU Sambas.

Menurutnya, penambahan jumlah PPK dari sebelumnya tiga menjadi lima orang akan memaksimalkan pelaksanaan tahapan pemilu yang menjadi tugas dan wewenang PPK. “Kalau lima akan lebih terbantu, dibandingkan hanya tiga orang,” katanya.

Terkait penambahan dua orang PPK ini, awalnya KPU Sambas meminta rekomendasi dari organisasi profesi yakni Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Namun begitu dites, para tenaga di sekolah yang akan dilibatkan mengaku keberatan jika menjadi PPK tambahan. Sebab mereka akan bekerja di dua tempat yakni sekolah dan pemilu.

Sementara, dalam persiapan pelaksanaan pemilihan diperlukan pihak yang bisa berkonsentrasi dan fokus melaksanakan tugas dan wewenangnya dengan baik. “Sehingga yang lolos ini, mereka yang merupakan daftar tunggu, saat seleksi PPK. Karena dulu itukan yang diterima 5, tapi yang masuk kan tiga orang, jadi dua orang inilah yang saat ini dimasukkan menjadi PPK,” katanya.

PPK, sebagai penyelenggara pemilihan di tingkat kecamatan, memiliki tugas, wewenang dan kewajiban yang harus dilaksanakan berdasarkan asas penyelenggara pemilu dengan selalu memperhatikan kode etik penyelenggara pemilu serta mematuhi segala peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dalam kesempatan tersebut, Sudarmi juga berpesan kepada para PPK tambahan yang sudah dilantik menjalankan tugas dan wewenang yang diberikan dengan sebaik-baiknya. (fah)

Berita Terkait