Tambah Zona Car Free Day

Tambah Zona Car Free Day

  Senin, 18 February 2019 12:20

Berita Terkait

PONTIANAK - Aspirasi masyarakat tentang lokasi car free day baru di Kecamatan Pontianak Utara saat pelaksanaan Musrenbang belum lama ini ditanggapi positif Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. Menurutnya jika hasil kaji zona car free day bisa dilakukan, bukan tak mungkin ke depan penambahan zona car free day terlaksana.

“Untuk sementara ini kita memang belum melakukan penambahan zona car free day. Masih di Jalan Ahmad Yani. Saya lihat, perkembangan car free day saat ini bagus. Minat masyarakat datang ke sana juga tinggi. Mungkin ke depan zona car free day di sana (Jalan A Yani) akan diperpanjang,” terang Edi kepada Pontianak Post, Minggu kemarin.

Selain di Jalan Ahmad Yani, Edi berwacana menambah zona car free day. Untuk tempatnya akan dicari. Mungkin bisa saja di depan Taman Alun Kapuas. Namun waktunya tak bisa lama. Karena jalan tersebut juga bakal digunakan sebagai jalan utama kendaraan lewat. Tapi bukan tak mungkin dilakukan. Untuk waktunya, mungkin bisa dimulai dari pukul 6 sampai 8 pagi.

Selain zona car free day depan Taman Alun Kapuas, Jalan Paralel Sungai Jawi juga bisa dijadikan kawasan baru car free day. Di sana Edi memandang kualitas jalannya juga sudah bagus.     

Dalam kesempatan itu, Edi juga menanggapi soal aspirasi beberapa masyarakat Kecamatan Pontianak Utara saat pelaksanaan Musrenbang, di mana mereka ingin agar kawasan Kecamatan Pontianak Utara juga miliki zona car free day. “Jika lokasinya jelas dan tak mengganggu kemacetan bisa saja dilakukan,” ungkapnya.

Terpisah, Ketua DPRD Pontianak, Nurfadli memandang semakin banyak zona car free day di Kota Pontianak maka semakin bagus. Namun, dalam penentuan zona car free day baru, juga mesti melalui kajian-kajian khusus. “Jangan sampai adanya zona car free day justru membuat arus jalan macet,” katanya.

Sekarang, ia melihat masyarakat Kota Pontianak juga rajin berolahraga. Jika semakin ramai, maka Pemerintah Pontianak mesti memberikan ruang-ruang baru buat masayrakat berolahraga. Penambahan jalur car free day juga bisa menjadi salah satu solusi.

Dengan rajinnya masyarakat berolahraga, secara tak langsung juga mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakatnya semakin baik. Karena warganya sehat, secara otomatis angka pasien datang ke Rumah Sakit juga semakin berkurang. “Saya rasa soal zona car free day baru perlu dipikirkan. Dengan zona baru juga bakal menghidupkan kawasan tersebut. Utamanya peningkatan perekonomian para pelaku UMKM,” tandasnya.(iza) 

 

Berita Terkait