Tambah Stok LPG di Sambas

Tambah Stok LPG di Sambas

  Senin, 17 June 2019 09:44
LPG: Pertamina melakukan penambahan LPG 3 kilogram ke Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, kemarin. Ist

Berita Terkait

PONTIANAK - Pihak pertamina telah melakukan langkah penambahan stok LPG 3 kilogram di Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, Sabtu (15/6). Hal ini menyusul keluhan warga atas kurangnya gas melon tersebut. “Ekstra droping wilayah kecamatan galing per hari Sabtu tanggal 15 juni untuk pengantaran tambahan,” ujar Sales Axecutive Elpiji Pertamina Pontianak, Yodha Galih, kemarin.

Dia memaparkan, secara reguler di kecamatan galing terdapat tiga pangkalan, yaitu Dusun Semunut Pangkalan Faiz Gas sebanyak 3640 per bulan. Lalu ada dusun Kembayat di Pangkalan Mushilin dengan alokasi  3460 tabung per bulan. Lalu ada di Jalan Tanjungpura dan Semunut  pada pangkalan CV Ebay dengan alokasi  2800 tabung per bulan. “Namun untuk jadwal pengantaran hari minggu ini, masing masing agen akan menyalurkan  tambahan di luar jadwal tersebut. Pangkalan CV Ebay sebanyak 560 tabung, pangkalan Muslihin 100 tabung, dan pangkalan Faiz Gas 560 tabung,” ujar dia.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk membeli elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram di pangkalan resmi sehingga harga jualnya sesuai harga eceran tertinggi (HET) di masing-masing kabupaten/kota di Kalbar. "Kami imbau masyarakat tidak membeli elpiji subsidi di pengecer, karena (mereka) akan menjual elpiji tiga kilogram itu jauh di atas harga HET yang ditetapkan pemerintah setempat," katanya.

Selain itu, dia juga mengajak masyarakat tidak ikut menyuburkan pengecer-pengecer yang mencari keuntungan yang telah banyak meresahkan masyarakat itu sendiri. "Salah satunya dengan tidak membeli elpiji di tingkat pengecer, melainkan membeli elpiji tiga kilogram di pangkalan resmi sehingga harga jualnya juga sesuai HET," kata Yodha. Dalam kesempatan itu, Yodha menambahkan, Pertamina juga telah bekerja sama dengan media dan pemda untuk keliling ke pangkalan-pangkalan untuk memperlihatkan keamanan stok elpiji subsidi di pangkalan.

Sekretaris Hiswana Migas Kalbar Zulfydar Zaidar Mochtar mengapresiasi kerja Pertamina sehingga menjelang dan sesudah lebaran persediaan BBM dan gas tidak mengalami kekurangan dan pendistribusian juga berlangsung dengan lancar dan aman. Namun dia tidak memungkiri di sejumlah titik terjadi peningkatan kebutuhan yang di luar prediksi. Oleh sebab itu pada beberapa daerah tersebut perlu dilakukan penambahan stok.

Anggota Hiswana Migas, sendiri kata dia, yang turut menjaga dan mengontrol ketersediaan dan distribusi. Kegiatan monitoring dilakukan sampai habis lebaran dan tidak terjadi sesuatu semuanya berjalan dengan lancar, Pertamina dan satgas berharap tahun kedepan akan lebih bagus lagi tentunya," ujarnya.  “Kami tentunya berharap suplai LPG nanti dapat berjalan dengan baik, serta tidak ada penyelewengan dan penyimpangan, serta sistim pengawasan dari agen ke pangkalan dan pengecer dapat berjalan dengan baik, serta harga yang wajar," ucapnya. (ars)

Berita Terkait