Tak Terbantahkan, Mampu Satukan Rakyat Indonesia

Tak Terbantahkan, Mampu Satukan Rakyat Indonesia

  Senin, 3 June 2019 09:52
Jajaran ASN di lingkungan Pemkab Landak melaksanakan upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila, Sabtu (1/6) lalu. Foto HUMAS PEMKAB

Berita Terkait

Upacara 1 Juni Memaknai Hari Lahirnya Pancasila

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam hati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Miftahul Khair, NGABANG

MEMPERINGATI hari lahirnya Pancasila, ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Landak menggelar upacara yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Landak, Sabtu (1/6). Wakil Bupati Landak Herculanus Heriadi, dalam amanatnya menegaskan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi dan pandangan hidup bangsa patut disyukuri karena selama ini mampu menyatukan seluruh rakyat Indonesia.

"Pancasila sebagai dasar negara, Ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan YME buat bangsa Indonesia karena Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia," tegasnya saat membacakan sambutan Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia.

Heriadi juga menyampaikan bahwa nilai-nilai Pancasila sebagai keyakinan bangsa Indonesia harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan , proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," tegas Heriadi.

Selain Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara menurut Heriadi dengan merayakan hari kelahiran Pancasila  dapat dijadikan momentum membangun kebersamaan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

"Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila ini perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berangsa dan bernegara yang lebih baik," ujar Heriadi.

Ia melanjutkan, sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasikan visi dan misi bangsa Indonesia. Di akhir sambutannya Heriadi mengajak seluruh peserta upacara yang hadir untuk terus merealisasikan nilai-nilai Pancasila baik sebagai dasar negara ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa.

 "Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia," pungkas Heriadi. (*)

Berita Terkait