Tak Apel, TP ASN Dipotong!

Tak Apel, TP ASN Dipotong!

  Selasa, 23 April 2019 11:11
INGATKAN ASN : Wakil Bupati, H Muhammad Pagi, saat memimpin apel pagi. WAHYU JARTHAKUSUMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Persoalan disiplin bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Mempawah masih menjadi penekanan dan sorotan tajam dari Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi. Hal itu disampaikannya saat memimpin apel pagi di lingkungan Sekretariat Daerah Kantor Bupati Mempawah, Senin (22/4).

“Terima kasih kepada seluruh ASN Pemerintah Kabupaten Mempawah yang rutin mengikuti apel Senin dan Kamis. Apel pagi ini merupakan bagian dari kewajiban ASN. Jadi tolong jangan diabaikan,” pinta M Pagi mengawali amanatnya.

Mantan Kabag Kesra dan Mensprit Pemkab Mempawah ini mengingatkan seluruh ASN agar meningkatkan disiplin. Sebab, menurut dia, perilaku disiplin akan mempengaruhi kinerja aparatur. Terutama dalam hal memberikan pelayanan publik yang lebih baik. “Dulu ada aturan bagi ASN yang tidak ikuti apel akan dipotong tunjangan penghasilannya (TP). Maka, saya ingatkan agar ASN lebih disiplin,” pesannya.

M Pagi mengingatkan, profesi ASN dan jabatan yang diembannya merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggungjawab. Sebab, kinerja ASN ini akan dipertanggungjawabkan baik dunia maupun akhirat kelak.

“Laksanakan tugas dengan sebaik mungkin. Kita akan pertanggungjawabkan kinerja ini di dunia dan akhirat. Maka harus sinergi antara kewajiban dan hak yang kita terima sesuai aturan yang telah ditetapkan pemerintah,” ujarnya.

Pagi pun mengenang terakhir kali dirinya mengikuti apel pada 2018 lalu. Kala itu, dirinya harus berpamitan kepada rekan-rekan kerja lantaran mengikuti kontestasi Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Mempawah.

“Waktu itu saya sangat sedih. Karena, hari itu adalah terakhir saya mengabdi kepada masyarakat dan bangsa ini sebagai ASN. Setelah 23 tahun saya berstatus sebagai PNS Pemerintah Kabupaten Mempawah. Saya masih ingat tegas pertama sebagai ASN di Kantor Penerangan jadi tukang tebas,” kenangnya.

Setelah memenangkan Pilkada lalu, M Pagi mengaku memiliki tanggungjawab besar terhadap masyarakat dan daerah. Dirinya harus melayani rakyat dengan sebaik mungkin. Karena, jabatan tersebut merupakan amanah rakyat yang diberikan melalui pesta demokrasi Pilkada.

“Saya minta agar ASN Pemerintah Kabupaten Mempawah meningkatkan kinerja. Kerjasama dan kekompakan menjadi modal utama kita semua untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” tegasnya.

Di Pilkada lalu, dia mengatakan pasti terdapat perbedaan pandangan dan pilihan. Namun, semua perbedaan itu hal yang wajar dalam proses demokrasi. Akan tetapi, sambung Pagi, dibalik itu semua ada kepentingan yang lebih besar yakni melayani masyarakat. “Dan sekarang tidak ada lagi perbedaan-perbedaan. Kita semua harus bersama dan bersatu membangun Kabupaten Mempawah,” pintanya.

Sekretariat Daerah, menurut Pagi, merupakan teladan bagi SKPD lainnya dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah. Maka dia minta seluruh aparatur di Sekretariat Daerah harus lebih disiplin dan memaksimalkan kinerja. Berikan contoh yang baik kepada SKPD lain agar memotivasi mereka bekerja lebih keras.

“Saya minta Pak Sekda, tidak ada lagi staf ASN yang terlambat mengikuti apel. Jadi jangan anggap sepele apel pagi ini. Karena hal ini tanggungjawab kita bersama yang harus dilakukan sebaik mungkin. Apel ini berkaitan dengan kinerja dan pendapatan yang kita peroleh. Jangan pula kita tidak bekerja tetapi menuntut hak,” pesannya mengakhiri. (wah)

Berita Terkait