Tahun Depan 130 ASN Pensiun

Tahun Depan 130 ASN Pensiun

  Jumat, 2 September 2016 09:42
PENSIUN: Para ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu yang akan memasuki masa purna tugas mendapatkan pembekalan dari pemerintah. FOTO MUSTA’AN/Pontianak post

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Pada tahun 2017 mendatang, tercatat 138 Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkan Kapuas Hulu memasuki purna tugas (Pensiun). Dari jumlah tersebut, delapan diantaranya meninggal dunia. Memasuki masa pensiun, ANS harus mempersiapkan diri dan sungguh-sungguh dalam menghadapi masa pensiun dengan cara membekali dirinya dengan kompetensi dan integritas.

Asisten Administrasi dan Umum Seketariat Pemerintah Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu H.M Yusuf mengatakan. Pensiun bagi ASN bukan sebagai akhir pengabdian pada negara dan masyarakat. “Jangan beranggapan jika sudah pensiun semua bentuk pengabdian pada negara dan masyarakat berakhir. Ketika seorang ASN sudah pensiun maka ia memasuki episode kehidupan baru,” terangnya.

Kehidupan yang dimaksud, kata Yusuf adalah melanjutkan pengabdian dengan cara dan lingkungan yang berbeda kepada negara dan masyarakat. Untuk itu pensiunan harus mampu mengelola waktu, tenaga dan potensi yang dimiliki. “Nama baik pribadi dan korp ASN harus tetap dijaga,"paparnya dalam sambutan kegiatan pembekalan bagi ASN purna tugas tahun 2017, Kamis (1/9) pagi kemarin.

Dikatakannya, pensiunan harus mampu menjadi teladan dan panutan di tengah-tengah masyarakat. Pekerjaan menjadi ASN merupakan pekerjaan yang mulia bila dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Demikian juga ketika selama jadi ASN bekerja dengan penuh dedikasi, bekerja keras, integritas dan loyalitas yang tinggi. Setelah pensiun, akan merasakan apa yang sudah dilakukan, ternyata berharga.

“Memasuki masa pensiun, ASN harus mempersiapkan diri dengan baik dan sungguh-sungguh dalam menghadapi masa pensiun,” tuturnya. 

Tentu, dengan cara membekali diri dengan kompetensi dan integritas yang tinggi agar dapat menyesuaikan diri dengan penuh percaya diri terhadap lingkungan yang baru. Pensiunan harus bisa kembangkan wawasan,pengetahuan dan keterampilan yang ia miliki.

Ditegaskan Yusuf, pemerintah sangat peduli dan perhatian terhadap para ASN yang akan memasuki masa pensiun. Kepedulian itu dapat dilihat dengan diadakannya kegiatan pembekalan pensiunan ASN tersebut. "Pembekalan ini diselenggarakan sebagai wujud kepedulian Pemda kepada ASN yang telah bertugas selama berpuluhan tahun menjadi abdi negara dan abdi masyarakat," ungkap dia lagi.

Diharapkan, dengan dilaksanakannya kegiatan pembekalan bagi pensiunan ASN, dapat memberikan kontribusi positif bagi ASN yang akan memasuki masa purna tugas, guna mempersiapkan diri secara fisik dan psikologis, sehingga kedepan mampu menghadapi masa pensiun dengan penuh optimisme. "PNS tidak bisa lari dari pensiun, cepat atau lambat dan dimanapun berada pasti pensiun," paparnya.

Dikatakannya, untuk jumlah ASN yang akan memasuki masa pensuin pada tahun 2017 mendatang secara keseluruhan sebanyak 138 ASN, dimana 8 orang diantaranya telah meninggal dunia. Sehingga jumlah yang akan pensiun di tahun 2017 ada 130 ASN. "Yang ikut kegiatan ini hanya 130 ASN, dari jumlah yang pensiun tahun 2017. Mudah-mudahan pembekalan ini bisa bermanfaat,” ucapnya.(aan)

Bawah foto/

----------

HUT POLWAN: Jajaran Polwan Polres Kapuas Hulu menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Polwan yang ke-68.FOTO MUSTA’AN/Pontianak post

*Meriahkan HUT ke-68

Polwan Gelar Kegiatan Sosial

PUTUSSIBAU—Tepat Tanggal 1 September 2016 ini, Polisi Wanita (Polwan) genap berusia 68 tahun. Memperingati hari jadinya ke-68, jajaran Polwan Polres Kapuas Hulu mengisinya dengan berbagai kegiatan sosial. Tidak hanya dalam institusi Polri, namun srikandi-srikandi Polres Kapuas Hulu yang berjumlah 16 orang ini melakukankegiatan sosialnya di lingkungan masyarakat dan dunia pendidikan.

Kepada wartawan, Waka Polres Kapuas Hulu Kompol Dedi Setiawan mengatakan, melalui moment Harjad ini, Polwan Kapuas Hulu hendaknya terus meningkatkan semangat dan kreatifitasnya dalam menjalankan tugas-tugas yang diembankan oleh negara. Dia optimis kinerja Polwan akan semakin mantap dalam melayani masyarakat, sehingga kehadiran mereka semakin dicintai oleh masyarakat.

“Saya yakin ke depan Polwan akan semakin dicintai oleh masyarakat,” ungkap Dedi usai memimpin apel bersama anggota Polres Kapuas Hulu dalam rangka Harjad Polwan ke-68 di halaman Mapolres, Kamis (1/9) . 

Menurutnya, kehadiran Polwan di institusinya sangat penting, karena setiap masalah yang berkaitan dengan wanita atau wanita yangbermasalah dengan hukum harusdidampingi Polwan. 

Ia menilai, semua anggota Polwan Polres Kapuas Hulu telah menunjukan kinerja terbaiknya dalam melayani masyarakat. “Kita apresiasi sekali terhadap Polwan-Polwan kita ini, pembinaan selama ini direspon baik oleh mereka,” ucap Waka. 

Sebelum puncak peringatan hari jadi Polwan Ke-68  tahun 2016, melaksanakan sejumlah kegiatan, diantaranya Bakti sosial bersama guru–guru TK Bhayangkari.

Selain itu, para Polwan bersama ibu-ibu bhayangkari juga membersihkan musola Polres Kapuas Hulu dan berbagai kegiatan sosial lainnya. Dikatakan Dedi, seorang Polwan disamping laksanakan tugas pokok di Kepolisian sebagai pelayan, pelindung, serta penegakan Hukum. Polwan bisa memberikan educatif pada siswa–siswi tentang lantas untuk pengenalan mengenai tatatertib berlalulintas dijalan. 

“Police Women Goes School. Polwan Polres Kapuas  Hulu turun ke sekolah–sekolah mengenalkan kepada anak didik di sekolah bahwa seorang perempuan bisa menjadi seorang Polisi,” jelasnya. Ini untuk menarik simpati para anak didik agar kelak bisa menjadi Polisi. Polwan Polres Kapuas Hulu juga membagi balon ke masyarakat yang bermakna, Polwan hadir di tengah–tengah masyarakat.(aan)

Berita Terkait