Surat Suara Rusak

Surat Suara Rusak

  Jumat, 27 November 2015 09:33
SURAT SUARA: Tumpukan surat suara yang disortir oleh KPU, ada 6.319 surat suara yang rusak. MUSTA’AN/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

SETELAH proses pelipatan dan penyortiran suarat suara selesai Rabu (25/11), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu menemukan 6.319 surat suara rusak. Jenis kerusakan yang di temukan berupa garis kolom terpotong, tinta yang tidak bagus sehingga gambar kabur, dan noda mata ikan pada wajah pasangan calon, sehingga perlu dikoordinasikan pemusnahan pada Panwaslu.

"Ada 6.319 surat suara yang rusak, dan ini sudah kami koordinasikan dengan Panwaslu," kata Lizma Roliza, S.H Ketua KPU Kapuas Hulu, saat ditemui diruangannya Kamis (26/11). Kebutuhan surat suara untuk Kabupaten Kapuas Hulu sebenarnya setelah ditambah 2,5 persen jumlah 176.387 lembar surat suara. Dari jumlah itu ternyata yang diterima KPU Kapuas Hulu setelah disortir hanya 178.778 surat.

Sementara, sambung Lisma,  yang rusak 6.319 lembar dan yang baik ada 172.451 lembar. Sehingga terjadi kekurangan 3.936 lembar dan kekurangan itu sudah kami koordinasikan dengan Panwas.

“Dalam waktu dekat kekurangan tersebut sudah teratasi," katanya. Untuk surat suara yang rusak akan dimusnahkan oleh KPU bersama Panwasalu,Timses kedua pasangan calon dan penegak hukum. Lisma mengaku hingga hari ini pihaknya memang belum melakukan pendistribusian surat suara ke kecamatan, karena pendistribusian tersebut dilakukan sekitar tanggal 1 Desember, itupun untuk daerah yang jauh  terlebih dahulu. "Seperti Kecamatan Putussibau Selatan, Hulu Kapuas, kemudian kecamatan Selimbau dan Silat Hulu. Daerah dekat jelang hari H baru kami distribusikan," tuturnya.

Lisma menegaskan untuk daerah yang jauh tersebut, pendistribusiannya tentu memakan anggaran lebih besar, KPU telah memetakan daerah itu. "Untuk daerah yang kami sebutkan tadi distribusinya menggunakan jalur sungai, tapi tergantung kondisi air," ungkapnya. KPU juga mendistribukan kotak suara berbahan aluminium, memasuki musim penghujan, kondisi surat suara pun tidak akan rusak.

"Untuk mengantisipasi hal tersebut kami sudah pikirkan semuanya," ujar Lisma. Begitu juga dengan pengawalan surat suara yang sampai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), pendistribusian tersebut tentunya akan dikawal polisi dan TNI. Untuk itu ia sangat berharap dalam pendistribusian surat nanti dapat berjalan lancar dan aman sehingga pelaksana Pilkada Kapuas Hulu berjalan dengan baik.(aan)

Berita Terkait