Supaya Produk Pertanian Secepatnya Dipasarkan

Supaya Produk Pertanian Secepatnya Dipasarkan

  Rabu, 6 June 2018 10:00
KARET: Hasil produksi karet Kecamatan Menukung saat bongkar muat di pinggir jalan provinsi Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi. AIRIN/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Menunggu Dermaga; Bongkar Muat Hasil Pertanian

Sejumlah kapal barang membutuhkan dermaga bongkar muat hasil produksi pertanian di kabupaten Melawi. Ini karena belum adanya dermaga di pusat kota. Akibatnya bongkar muat hasil pertanian dilakukan di lokasi yang kurang layak, juga membutuhkan waktu lama.

Airin Fitriansyah, MENUKUNG

KITA minta ada lokasi dermaga yang layak. Supaya hasil pertanian dari desa bisa diangkut ke pusat kota, ujar warga Desa Batas Nangka Kecamatan Menukung Markus Restu Kristedi, Senin (4/6). Dia mengatakan hasil produksi pertanian masyarakat desa mayoritas karet. Sedangkan produksi pertanian lain masih belum dikembangkan secara memadai. Karena itu perlu ditingkatkan kembali agar produk asli daerah dapat berkembang lebih baik.

Ia menuturkan secara geografis tata letak sektor pertanian sudah memadai. Hanya perlu dorongan dari pemerintah daerah terkait untuk mengembangkan hasil produksi pertanian. Seperti kelapa, kopi, lada dan sektor pertanian lainnya. Supaya produk lokal meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

"Kita bisa melihat potensi pertanian disetiap daerah. Asalkan lahan yang disediakan memadai. Begitu juga dukungan pasar dapat disediakan secara layak agar hasil pertanian bisa meningkat di tengah masyarakat," harapnya.

Sementara Anggota DPRD Kabupaten Melawi Malin menambahkan potensi hasil pertanian perlu didukung oleh pemerintah daerah terkait. Sehingga sektor pertanian di tingkat daerah terbangun secara layak dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Melawi.

"Potensi di sektor pertanian cukup menjanjikan, jika di kelola secara layak. Begitu juga ketersediaan pasar di tingkat daerah. Perlu ditingkatkan supaya hasil pertanian dapat didistribusikan kepada masyarakat," paparnya.

Dia menyatakan di sektor lahan pertanian juga perlu di tata secara memadai. Seperti tidak hanya membangun sumber daya alam. Namun potensi sumber daya manusia juga perlu dikembangkan. Sehingga kedua sektor tersebut dapat terbangun dalam lingkungan pemerintah daerah.

Ia mengungkapkan akspek lain seperti sarana penunjang perlu ditingkatkan. Seperti infrastruktur dermaga, pasar rakyat dan akses perdagangan antar daerah juga membantu dalam meningkatkan pelayanan di sektor pertanian daerah. 

"Pembangunan di sektor pertanian perlu menjadi perhatian semua pihak. Sehingga potensi pertanian ditingkat daerah dapat berkembang dengan baik. Yakni sesuai dengan kebutuhan masyarakat daerah,"  tegas Malin anggota DPRD Kabupaten Melawi. (*)

Berita Terkait