Sup Ikan Kakap khas Rempah Indonesia

Sup Ikan Kakap khas Rempah Indonesia

  Kamis, 7 February 2019 09:52

Berita Terkait

Ikan kakap adalah ikan laut yang paling banyak digemari. Tak hanya lezat dimasak dengan cara digoreng dan dipanggang, melainkan juga dibuat sup. Apalagi diolah dengan bumbu khas Indonesia yang kaya rempah, pastinya tak kalah menggiurkan. 

Oleh : Ghea Lidyaza Safitri

Sup ikan dengan kuah kaya bumbu dan rempah Indonesia terasa nikmat disantap bersama seporsi nasi hangat. Seperti sup ikan olahan Chef Hotel Golden Tulip, Chef Gatot Tricahyo. Chef Gatot memilih ikan kakap sebagai bahan utama sup ikan ini. Ikan kakap dikenal akan tekstur dagingnya yang tebal dan lembut. 

“Selain itu bau ikan kakap juga tak terlalu amis,” ujarnya.

Dalam proses pengolahannya, Chef Gatot memotong ikan kakap menjadi tiga bagian, yakni kepala, badan, dan ekor. Ketiga bagian ikan kakap ini akan dimasak bersama bumbu dan rempah Indonesia. 

Bumbu dan rempah yang digunakan terdiri atas bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, dan kunyit. Tak lupa ditambahkan daun jeruk dan serai agar rasa rempah di dalam kuah semakin kuat dan aroma lebih harum.

Bumbu dan rempah ini dihaluskan dan ditumis terlebih dulu, baru dimasak bersamaan dengan ikan. Agar rasa semakin nikmat dan segar, Chef Gatot menambahkan potongan buah nanas, tomat, cabai rawit dan merah, serta daun kemangi.

“Potongan buah nanas dan tomat memberikan cita rasa asam secara alami,” tutur Gatot.

Proses penyajian sup ikan ini juga terlihat istimewa. Chef Gatot sengaja menyaring kuah dan daging ikan. Keduanya akan berada di tempat berbeda. Nantinya, Chef Gatot yang akan menuangkan kuah sup ikan secara langsung kepada pecinta kuliner. Sup ikan kaya rempah Indonesia ini siap menggugah selera dan menggoyang lidah.  **

Berita Terkait