Sumbang Rp172 Juta untuk Palestina

Sumbang Rp172 Juta untuk Palestina

  Senin, 21 May 2018 10:00
SYAL: Ulama Palestina saat memberikan syal Palestina kepada salah seorang donatur di kegiatan Majelis Qur’an, Minggu (20/5). Istimewa

Berita Terkait

Majelis Qur’an yang digelar di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Minggu (20/5) mendatangkan Ulama Palestina, Syeikh Mahmoud Abdul Halim Askoul. Momen ini dimanfaatkan bagi warga muslim di Kota Pontianak dan sekitarnya untuk menyumbangkan sebagian hartanya bagi Palestina. Dari kegiatan tersebut, setidaknya terkumpul donasi sebesar Rp 172 juta. 

Simpati terhadap Palestina yang saat ini masih bergulir, terlebih setelah dipindahkannya kedutaan besar Amerika Serikat di Yerusalem pada 14 Mei 2018 yang lalu. Reaksi ini pun ditunjukkan oleh warga Pontianak dengan memberikan bantuan dana untuk disalurkan ke negara tersebut. Lawatan Syeikh Mahmoud Abdul Halim Askoul ke Kota Khatulistiwa itu turut mencuatkan simpati warga muslim di Kalimantan Barat (Kalbar).

Dalam kesempatan tersebut,  Syeikh Mahmoud Abdul Halim Askoul menerangkan kondisi terkini di Yarusalem Palestina. Beliau bilang pasca diresmikannya ibukota negara adidaya tersebut, jamaah sholat di masjid Al Aqsa semakin sedikit. “Sejak diresmikannya kedutaan ibukota Israel di Baitul Maqdis, tidak ada orang yang sholat yang menjaga Baitul Maqdis,” tuturnya. 

Hal ini menurutnya menjadi kabar bagi umat muslim di dunia yang sepatutnya merasakan kesedihan akan kondisi terkini tanah Palestina. Apalagi Baitul Maqdis merupakan  tempat suci bagi umat Islam. Ada banyak ayat di Al-Qur’an, serta hadits Nabi Muhammad yang mengukuhkan urgensi dari Baitul Maqdis. Peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah bagi umat Islam juga kerap terjadi di sana. “Di dalam Surah Al Isra, dijelaskan bahwa Allah mensucikan Baitul Maqdis. Maka tempat tersebut menjadi perhatian bagi muslim di dunia. Bahkan Menjaga Baitul Maqdis merupakan bagian dari Akidah Islam,” paparnya.

Usai memberikan pemaparannya, acara dilanjutkan dengan membuka donasi bagi para jamaah yang ingin menyumbangkan hartanya.  Komite Nasional Rakyat Palestina (KNRP) bekerjasama dengan Ikatan Dai Indonesia (Ikadi) selaku panitia kegiatan membuka lelang donasi yang dimulai dengan nominal Rp10 juta rupiah hingga Rp500 ribu. Setiap yang berdonasi dengan nominal yang ditawarkan panitia akan mendapatkan syal Palestina dan akan dipasangkan langsung oleh Syeikh Mahmoud Abdul Halim Askoul. 

Selain menawarkan donasi dengan nominal yang ditawarkan oleh panitia, jamaah juga dapat memasukkan infak melalui kotak infak yang telah disediakan oleh panitia. Setidaknya ada ratusan orang yang turut mendonasikan hartanya, ada yang berbentuk uang ada pula emas. Dari kontak infak tersebut, setidaknya terkumpul donasi kurang lebih sebesar Rp72 juta. Sedangkan dari hasil lelang donasi sekira Rp100 juta, sehingga total donasi mencapai Rp172 juta. Donasi tersebut akan disalurkan melalui KNRP. (sti)

Berita Terkait