Sukses PTSL, BPN Singkawang Fasilitasi Akses Modal Usaha Masyarakat

Sukses PTSL, BPN Singkawang Fasilitasi Akses Modal Usaha Masyarakat

  Kamis, 6 December 2018 14:01
PENYULUHAN: Kepala BPN/ATR Kota Singkawang Erwin Rachman bersama Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, Perikanan Kota Singkawang, Yusnita saat melakukan penyuluhan dan pendampingan pemberdayaan masyarakat pasca legalisasi aset di kota Singkawang kepada warga kota Singkawang. Har/Pontianak Post

Berita Terkait

SINGKAWANG—Badan Pertanahan Nasional (BPN)/ATR Kota Singkawang memfasilitasi kelompok tani Jujur adil sukses bersama (Kelompok Tani JAS-B) di Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan mendapatkan akses modal ke perbankan untuk membantu usaha mereka yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Fasilitasi BPN kepada masyarakat akan akses modal perbankan ini merupakan proses berkesinambungan setelah dilakukan legalisasi aset melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di kota Singkawang,” ungkap Kepala BPN/ATR Kota Singkawang Erwin Rachman kepada koran ini Rabu (5/12) kemarin.

Langkah fasilitasi BPN terhadap akses modal usaha masyarakat melalui perbankan ini merupakan wujud Performa Agraria yang menyeimbangkan antara asset reform dan access reform. “Artinya sertipikat tanah yang diterbitkan Kementerian ATR/BPN melalui PTSL selain melegalkan hak milik tanah warga (asset reform)  juga menghantarkan masyarakat untuk punya akses permodalan untuk usahanya (access reform) ,” jelasnya.

Nah, kata dia, dalam pelaksanaannya ada pendampingan dari perbankan dan dinas-dinas terkait seperti Dinas Perindustrian, Perdagangan, UMK, dan Koperasi Kota Singkawang serta Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, Perikanan Kota Singkawang, selain itu juga ada penyuluhan untuk membuat usaha masyarakat itu jadi lebih baik.

Oleh sebab itu salah satu tujuan dilaksanakannya Reforma Agraria adalah meningkatkan kesejahteran masyarakat dan pemerataan penguasaan tanah di Indonesia yang sasarannya menciptakan keadilan sosial yang ditandai dengan adanya keadilan agraria. Program access reform di wilayah kerja BPN/ATR Singkawang ini merupakan kelanjutan berkesinambungan seiring dengan PTSL yang dijalankan BPN/ATR Singkawang. Dimana pada tahun 2018 ini dari target 12.225 bidang yang harus masuk program PTSL telah diselesaikan 100 persen pada akhir Novemner 2018, termasuk menyelesaikan target pengukuran 14.000 bidang yang terdistribusi di 5 kecamatan dan 26 kelurahan di kota Singkawang. 

Dimana secara rinci, program PTSL yang dilaksanakan BPN/ATR Singkawang tahun 2018 meliputi penyelesaian hak pakai Pemkot Singkawang sebanyak 77 bidang yang terdiri dari taman serta jalan yang menjadi kewenangan Pemkot Singkawang serta sekolah sekolah. (har)

Berita Terkait