Strategi Jitu Meksiko, Bikin Pemain Jerman Frustasi

Strategi Jitu Meksiko, Bikin Pemain Jerman Frustasi

  Senin, 18 June 2018 07:14
Para pemain Jerman (baju putih) begitu kesulitan menembus pertahanan Meksiko (Angger Bondan/Jawa Pos)

Berita Terkait

Pelatih Meksiko Juan Carlos Osorio memang mempersiapkan taktik bertahan untuk meredam agresivitas Jerman. Tak hanya membuat Jerman ompong, strategi parkir bus Meksiko juga sukses menumbangkan juara Piala Dunia 2014 itu dengan skor 1-0.

Jerman memang mendominasi partai yang berlangsung di di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (17/6) malam. Mereka unggul penguasaan bola dan menciptakan lebih banyak peluang. Namun, Jerman tidak mampu untuk menjebol gawang Guillermo Ochoa.

Jerman dibuat frustasi dengan sistem pertahanan Meksiko yang sangat rapat. Terutama pada babak kedua di mana pelatih Juan Carlos Osorio memutuskan untuk memainkan lima pemain bertahan laga baru menginjak menit ke-58.

“Pada babak pertama kami berhasil bermain bertahan dengan cerdas, dan memukul mereka dengan serangan balik. Kami adalah tim yang superior,” akunya.

Osorio tak menampik bahwa dirinya meracik strategi bertahan agar Meksiko berhasil meredam Jerman. Osorio awalnya memperkirakan bahwa Mario Gomez lah yang akan turun sebagai starter. Namun pelatih Joachim Low ternyata memilih Timo Werner.

“Kemarin kami berlatih bertahan dengan empat gelandang dan tiga pemain di depan dan itulah bagaimana kami hampir mendapatkan gol kedua hari ini,” ulas mantan pelatih New York Red Bulls itu.

Pelatih 57 tahun ini bangga dengan performa Hirving Lozano, sang pencetak gol semata wayang Meksiko. Osorio juga mengapresiasi perjuangan para suporter Meksiko. Mereka rela terbang ke Rusia untuk mendukung El Tri.

“Saya mendedikasikan hasil yang luar biasa ini kepada semua penggemar Meksiko. Kepada orang-orang di belakang layar dan umumnya yang mendukung kami,” pungkasnya.(saf) 

Akui Bermain Buruk

Pelatih Jerman Joachim Low mengakui bahwa timnya bermain buruk saat dikalahkan Meksiko dengan skor 0-1, Minggu (17/6) malam. Ia juga merasa timnya ketiban sial lantaran banyak tembakan yang gagal menjadi gol.

Jerman adalah juara Piala Dunia 2014. Mereka datang ke Rusia sebagai juara bertahan sekaligus tim unggulan. Namun secara mengejutkan mereka kalah dari Meksiko. Gol semata wayang di pertandingan ini dilesakkan Hirving Lozano pada menit ke-35.

“Pada babak pertama kami bermain sangat buruk,” aku Low dalam laman resmi FIFA, Senin (18/6) dini hari.

“Kami tidak mampu bermain dengan cara kami dengan pola menyerang dan (mengandalkan, Red) umpan. Pada babak kedua kami bisa menekan mereka, tetapi Meksiko bisa bertahan dengan baik,” ulas Low.

Jerman memang mendominasi laga ini. Menurut data statistik Soccerway, Jerman memiliki total 26 tembakan dan sembilan di antaranya on target. Mereka juga unggul dalam ball possession. Akurasi umpan mereka mencapai angka 86 persen.

“Kami memiliki beberapa tembakan ke gawang. Tapi entah bagaimana tampaknya kami sial. Bola tidak masuk ke gawang. Tentu saja semua orang tidak senang dan kecewa dengan kekalahan ini,” terangnya.

Pada pertadingan selanjutnya, Jerman akan bertemu Swedia pada Minggu (24/6) dini hari di Stadion Olimpiyskiy. “Kami harus memenangkan pertandingan berikutnya. Kami berada di bawah tekanan saat melawan Swedia,” tutup Low.(saf/JPC)

Liputan Khusus: 

Berita Terkait