Stok Melimpah Harga Ikan Anjlok

Stok Melimpah Harga Ikan Anjlok

  Selasa, 27 September 2016 09:30
STOK MELIMPAH: Pedagang Ikan menata dagangannya di Pasar Flamboyan Pontianak. Stok ikan yang berlimbah membuat harganya cenderung rendah sehingga mengurangi pendapatan para pedagang. HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PONTIANAK - Sudah seminggu ini distribusi ikan dari nelayan ke pedagang Pasar Flamboyan mengalami peningkatan. Akibat meningkatnya jumlah ikan, harga beberapa jenis ikan seperti gembong, mayong dan ikan kecil mengalami penurunan harga. Demikian dikatakan Ketua Gapikan Pontianak, Yuhendra, Senin pagi.

“Sudah seminggu ini harga beberapa jenis ikan, seperti gembong, mayong, dan ikan kecil harganya turun. Ini karena musim ikan, makanya stok melimpah. Jika hari biasa paling sekitaran 3 ton ikan masuk ke Flamboyan, tapi saat banjir ikan, sehari bisa 10 ton,” ungkapnya.

Mengenai penurunan harga ikan, diungkapkan dia, sudah berlangsung seminggu ini. Namun, kata dia, tidak semua jenis ikan banting harga. Kalau ikan kelas A, seperti tenggiri, dan kakap merah harganya tetap stabil. “Untuk harga ikan kecil yang biasa pedagang jual sekilonya Rp18 ribu, kini anjlok Rp7-10 ribu, sedangkan gembung sekilonya hanya Rp30 ribu saja,” ungkapnya.

Ikan banjir mengakibatkan beberap jenis ikan tak laku, terutama untuk jenis ikan kecil. Agar stok ikan terjual, pedagang berinisiatif menurunkan harga beberapa jenis ikan. Meski harga diturunkan tetap saja masih tersisa. Ketika ditanya apakah melimpahnya stok ikan berdampak pada kerugian pedagang karena ikan tak laku, Yuhendra ragu menjawab. "Kalau rugi banyak sih tak mungkin, karena stok ikan kecil yang tak laku tertutupi dengan lakunya ikan kelas B dan A," ungkapnya.

Prediksinya, meningkatnya pasokan ikan diperkirakan masih berlangsung hingga dua minggu ke depan. Setelah itu mungkin pasokan dan harga ikan normal kembali. Meski harga ikan turun, penjualan tetap seperti biasa, warga juga tidak berbondong-bondong untuk membeli ikan.

Mengenai keluhan pedagang ikan Pasar Flamboyan karena merugi tak laku, ia belum terima laporan. Ini biasa terjadi, ketika musim ikan tentu pasokan yang masuk ke pasar akan banyak dan harga pun ikut anjlok, tetapi jika sedang tak musim ikan dipastikan harga ikan akan naik, bahkan bisa mencapai beberapa kali lipat dibanding hari biasa. (iza)

Berita Terkait