Stabilkan Harga Sembako Jelang Lebaran

Stabilkan Harga Sembako Jelang Lebaran

  Rabu, 22 May 2019 12:03
BAZAR: Bazar yang digelar Pemkab Kapuas Hulu di Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu yang berlangsung hingga kemarin (21/5). ISTIMEWA

Berita Terkait

20-21 Mei, Pemkab Kapuas Hulu Gelar Bazar

PUTUSSIBAU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu menggelar bazar murah sembako di Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu sepanjang 20 – 21 Mei. Kegiatan tersebut digelar sebagai upaya menyetabilkan harga sembako saat Ramadan dan Idulfitri, 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu Abdurrasyid mengatakan, bazar murah itu melibatkan berbagai pihak dengan menjual sejumlah sembako. Ada pun sejumlah sembako yang dijual pada bazar murah yaitu daging sapi Rp150 ribu perkilogram disubsidi 15 persen, telur Rp1.500 perbutir, dan tepung tapioka serta cabai merah. Bahkan, kata Rasyid, para pedagang sayur di Kapuas Hulu juga meminta agar mereka bisa diizinkan menjual komoditas mereka di lokasi Bazar Murah tersebut.

“Namun untuk harga kita minta standar, itu dari BPP karena memang tidak disubsidi. Seperti cabai harganya 25 ribu (rupiah) perkilo, jadi di bawah harga pasaran. Jadi silahkan untuk mengimbangi harga pasaran,” ujarnya.

Terkait daging sapi, Rasyid mengatakan itu disubsidi Pemda Kapuas Hulu. Bazar pertama ini, menurut dia, disediakan dua ekor sapi, yang disubsidi 15 persen. Jadi, dia menambahkan, sekitar Rp128 ribu perkilogramnya, di bawah harga pasaran. “Kemudian telur disediakan sebanyak 35.000 butir. Tepung 5 ton, beras 2 ton, gula 700 kilogram. Jadi persiapan kita lumayan. Komoditi yang dibazar cukup banyak dari tahun lalu,” jelasnya. 

Dalam bazar tersebut Rasyid mengatakan, tidak membatasi masyarakat membeli, sepanjang itu digunakan untuk konsumsi keluarga. “Hanya jangan membeli untuk didagangkan kembali. Saya berharap masyarakat tertib dan tidak saling rebutan,” pesannya.

Untuk itu Rasyid berharap bazar tersebut bisa membantu masyarakat dan menjadi penyeimbang harga di pasaran yang relatif tinggi. “Agar situasi harga yang ada saat ini bisa terkendali. Kita juga berharap para pedagang tidak menaikan harga semaunya. Maka ini perlu kerja sama,”katanya.

Sedangkan dari Bulog, kata Rasyid, menyiapkan gula, minyak goreng, tepung, dan beras. “Ada juga sejumlah sayuran sesuai kebutuhan masyarakat dan semua barang harganya jauh murah dari pasaran,” katanya.

Rasyid mengatakan, bazar itu masih dilaksanakan hingga beberapa hari menjelang Idulfitri, namun khusus untuk daging sapi.

Menurutnya, sebenarnya kebutuhan pangan di Kapuas Hulu mencukupi terutama untuk ternak seperti sapi. Namun, dia menambahkan, memang harga di pasaran cukup tinggi setiap hari raya, sehingga perlu dilakukan bazar daging sapi. “Mudah-mudahan masyarakat terbantu dengan adanya bazar murah itu dan meringankan beban masyarakat yang akan menyambut hari raya Idulfitri,” harapnya. 

Sementara itu, salah satu warga Putussibau, Wahyuni (32), mengatakan bazar murah tentu sangat membantu, karena selama ini harga sejumlah kebutuhan menjelang hari raya di pasar melonjak. “Terus terang untuk harga di pasar itu tidak terkontrol, pedagang sesuka hati naikan harga,” kata Wahyuni. (arf)

Berita Terkait