Spoil It, If You Dare

Spoil It, If You Dare

  Kamis, 10 May 2018 08:24

Berita Terkait

Booming-nya film The Avengers: Infinity War tentunya sangat dirasakan oleh generasi z. Namun, dibalik meledaknya film besutan Marvel tersebut juga bermunculan banyaknya meme mengenai azab bagi orang yang memberikan spoiler The Avengers: Infinity War. 

Well, spoiler The Avengers: Infinity War emang udah banyak tersebar di media sosial sejak hari pertama penayangannya. Fyi, spoiler a.k.a. beberan merupakan berbagai keterangan terkait dengan jalan cerita dari suatu hal yang dibocorkan ke orang lain atau khalayak ramai. Di zaman sekarang, spoiler dapat berupa teks, foto, maupun video yang diunggah ke media sosial.

Adanya spoiler juga menimbulkan banyak keributan di media sosial dan real life. Mayoritas generasi z emang nggak setuju dengan adanya spoiler karena spoiler bakal mengurangi esensi dari suatu karya saat dinikmati. Tapi, ada juga yang nggak mempermasalahkan spoiler, loh.

Sebagai salah satu pencinta film, Yoghi Bayu Pratama Putra sangat mengecam adanya spoiler. Menurutnya, saat cerita dari suatu film udah bocor, maka udah nggak ada feeling surprise lagi saat menonton.

“Kesal banget kalo ada yang ngasih spoiler. Rasanya aku mau ngebinasain manusia itu, untungnya aku ingat dosa. Saking kesalnya aku sampe pernah leave group. Syukurnya, yang ngespoiler langsung minta maaf. Mereka sadar itu nggak perlu, tapi dibercandain. Jadi mereka ngira biasa aja. Padahal bagiku dan yang lain itu bikin nggak excited lagi buat nonton,” ujar mahasiswa Teknik Lingkungan Untan ini.

Senada dengan Yoghi, Siti Raihany Lutfiyyah juga membenci tukang spoiler. Doi mengungkapkan kalo film-film dengan plot twist sangat rawan akan adanya spoiler. Sehingga saat spoiler-nya ada, maka menonton film bakal terasa sia-sia karena udah tahu akhir filmnya gimana.

“Mending nggak usah nonton karena udah nggak greget lagi. nggak berarti kalo film biasa dispoilerkan nggak bermasalah ya. Meskipun udah kena spoiler, tapi film yang plot-nya biasa aja masih bisa dinikmati proses dari scene yang udah dibeberkan,” ucap mahasiswi Agroteknologi Untan ini.

Berbeda dari yang lain, Aldi Budi malah nggak mempermasalahkan spoiler. Aldi memilih santai aja kalo dapat spoiler. Menurutnya, kalo membenci spoiler entar bakal menyusahkan dirinya sendiri.

“Yang bilang kalo dapat spoiler nggak bisa menikmati film ya tergantung ke sikap kita nanggapinnya gimana. Aku sih lebih milih buat nganggap kayak angin lalu. Jangan ditambah dengan imajinasi-imajinasi lain. Dari sekian jam durasi nggak masalah juga tahu beberapa menit scene bocoran. Jadi nikmati aja sekian jam dikurangi beberapa menit spoiler,” jelas siswa SMA Negeri 7 Pontianak ini.

Aldi juga merasa diuntungkan dari spoiler film, loh. Aldi mengaku kalo nggak nonton suatu film tapi diajak ngobrol teman tentang film yang belom ditontonnya masih bisa nyambung karena tahu dari spoiler.

Nah, adanya spoiler emang meresahkan banyak pihak. Tapi hal tersebut kembali lagi pada bagaimana cara kamu menyikapinya. Bijaklah dalam bersikap agar nggak menganggu hubunganmu dengan orang lain. (ind)

Berita Terkait