Spesialis Pencuri di Minimarket Ditembak Polisi

Spesialis Pencuri di Minimarket Ditembak Polisi

  Selasa, 31 July 2018 10:00
PELAKU: Kepolisian Resort Pontianak Kota menggelar barang bukti dan tersangka sindikat spesialis pencurian di sejumlah minimarket di Kota Pontianak. ARIEF NUGROHO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK- Kepolisian Resort Pontianak Kota mengungkap sindikat spesialis pencurian di sejumlah minimarket di Kota Pontianak. Dalam pengungkapan tersebut setidaknya mengamankan tiga orang tersangka, satu diantara harus dihadiahi timah panas.

Mereka adalah NR, LK dan ML, yang tak lain adalah pelaku dan penadah barang hasil curian.

Kapolresta Pontianak Kombes Pol  Wawan Kristyanto mengungkapkan, penangkapan terhadap tiga kawanan pencuri spesialis minimarket ini berawal adanya laporan dari sejumlah pengelola minimarket. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung. Ada sekitar 10 lokasi. 

"Para pelaku ini merupakan kawanan spesialis pencuri di minimarket. Modusnya dengan membobol minimarket saat sedang tutup," ujar Kombes Pol Wawan Kristyanto, kemarin.

Menurut Wawan, dari 10 tempat kejadian perkara ini, tidak menutup kemungkinan ada TKP lain di luar wilayah hukum Polresta Pontianak. Untuk itu, demi proses pengembangan, pihaknya akan berkoordinasi dengan polres-polres lain untuk mengungkap sindikat pencurian tersebut. 

"Tidak menutup kemungkinan ada di lokasi lain, di luar wilayah hukum Polresta Pontianak. Kami akan lakukan koordinasi dengan polres tetangga," terangnya. 

Dalam menjalankan kejahatannya, para pelaku mencuri sejumlah barang seperti rokok, sembako dan barang-barang elektronik. 

"Sementara yang berhasil kami amankan hanya ini (TV). Sementara untuk barang-barang lain sudah dijual," jelasnya.

Terkait dengan kasus pencurian dengan pemberatan ini, dirinya memberikan atensi khusus, terlebih jika pelaku melakukan perlawanan yang membahayakan petugas maupun masyarakat. 

"Saya tegaskan, siapapun dia, jika membahayakan petugas dan masyarakat, jangan segan-segang untuk memberikan tindakan tegas," tegasnya. 

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman diatas 5 tahun pidana penjara. 

Sementara di sisi lain, pihaknya juga mengungkap kejahatan pencurian kendaraan bermotor. Satu dari dua pelaku berhasil diamankan. 

Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kompol M Husni Ramli mengatakan, pelaku adalah RM dan RN. Keduanya berkerjasama mencuri kendaraan bermotor di Jalan Sepakat 2 Gang Ilmu Kelautan, dimana motor tersebut terparkir di depan rumah. 

"Pelaku datang, langsung mengambil motor tersebut dengan cara mendorong dari rumah sampai ke depan gang, selanjutnya dibantu oleh pelaku lainnya, RN," kata Husni, kemarin. 

Pada saat dilakukan penggeledahan di kediaman pelaku ditermukan plat nomor, yang mana plat nomor tersebut milik korban. 

"Saat ini motor hasil curiannya masih dibawa oleh pelaku lain yang masih DPO. Sedangkan sarana yang digunakan untuk mencuri sudah diamankan di Polresta Pontianak," paparnya. 

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman lima tahun pidana penjara. (arf) 

Berita Terkait