Soto Ikan Gurih Khas Nusantara

Soto Ikan Gurih Khas Nusantara

  Kamis, 9 May 2019 09:17

Berita Terkait

Tak hanya ayam dan daging, ikan juga bisa diolah menjadi soto. Rasanya tak kalah gurih. Pastinya tetap menggunakan bumbu khas nusantara.

Oleh: Ghea Lidyaza Safitri

Masakan khas Indonesia terkenal lezat, gurih, dan nikmat. Seperti soto ikan dan sandwich tahu olahan Chef Hotel Borneo, Chef Joko Apriasyah.

Soto Ikan

Soto ayam dan daging sudah tak asing lagi di lidah pecinta kuliner. Namun, Chef Joko Apriasyah membuat soto yang berbeda. Yakni, soto ikan. 

Jenis ikan yang digunakan adalah nila. Tak hanya memiliki tekstur yang lembut, daging nila juga terasa manis. Kuah soto dimasak menggunakan campuran rempah khas Indonesia, seperti kunyit dan santan yang gurih. Semakin segar dengan tambahan perasan lemon kuning dan potongan buah tomat. 

Joko juga menambahkan potongan buah pisang. Pisang yang digunakan adalah pisang nipah sedang yang tak terlalu matang dan masih ada getahnya. Karena getah inilah yang membantu menghilangkan rasa amis, selain perasan lemon kuning. Soto ikan yang segar ini semakin lengkap dinikmati dengan nasi putih hangat maupun potongan lontong. 

Sandwich Tahu

Sandwich identik dengan roti yang disusun bersama selada, telur, tomat, daging sapi maupun ayam, dan dilapisi saus mayonaise, tomat, dan sambal. Berbeda dengan sandwich pada umumnya, olahan sandwich ala Joko tak menggunakan roti, melainkan perkedel tahu. Proses pembuatannya cukup mudah. Tahu dihancurkan dan dicampurkan dengan tepung tapioka dan bumbu. Ditambah irisan cabe merah dan daun bawang di dalamnya. Perkedel tahu ini disusun bersama telur mata sapi, selada, timun, dan tomat. Sandwich tahu semakin lezat disantap dengan saus bangkok yang memiliki cita rasa manis dan pedas.  **

Berita Terkait