SMKN 1 Sambas Raih Juara Umum , Sukses Gelar Gebyar SMK se-Kabupaten Sambas

SMKN 1 Sambas Raih Juara Umum , Sukses Gelar Gebyar SMK se-Kabupaten Sambas

  Sabtu, 16 January 2016 10:03
DIABADIKAN BERSAMA: (Dari kiri) Drs H Robiman, Drs Jumadi Asri MH, Raidi SPd, serta Mulyadi SPd MPd, menghadiri pembukaan Gebyar SMK se-Kabupaten Sambas, sekaligus berucap syukur atas lancarnya dan suksesnya kegiatan ajang kreativitas siswa SMK tersebut. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SAMBAS – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Sambas sukses menjadi tuan rumah Gebyar SMK se-Kabupaten  Sambas tahun ketiga, 11 – 14 Januari lalu. Tak hanya itu, mereka juga berhasil menjadi juara umum Gebyar SMK III ini. Itu artinya mereka kembali menorehkan diri menjadi juara bertahan untuk kali kedua.

Bebagai even perlombaan dihelat sebagai ajang unjuk gigi para siswa SMK di Kabupaten Sambas. Pada tahun ini, Gebyar SMK III ini mengusung tema: Meningkatkan Jiwa Enterpreneurship Siswa SMK Kabupaten Sambas Dalam Menyongsong era Masyarakat ekonomi Asia (MEA).

Ketua Panitia GEBYAR SMK se-Kabupaten Sambas tahun 2016 Mulyadi SPd MPd, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membentuk pola pikir (mindset) siswa SMK Kabupaten Sambas agar berperilaku hidup produktif dan mengurangi perilaku hidup konsumtif. Sementara tujuan lainnya, menurut dia, adalah meningkatkatkan kompetensi siswa sesuai bidang keahliannya, sehingga dapat menjadi warga negara yang  bukan sekadar mampu bertahan hidup, tapi mampu hidup layak dan berkualitas. Dengan demikian, harapan dia, dapat berperan serta dalam membangun Kabupaten Sambas serta menumbuhkan semangat percaya diri, kerja keras, jujur, dan cerdas, serta  dapat mengembangkan budaya berkompetisi dalam rangka memotivasi diri menuju revolusi mental bangsa ini. “Selain tujuan tersebut di atas, Gebyar dapat juga sebagai ajang mempromosikan kepada masyarakat bahwa keberadaan SMK bukan sekadar hanya bisa dihitung untuk melengkapi satuan pendidikan menengah belaka, akan tetapi keberadaan SMK harus bisa diperhitungkan untuk mengasah kompetensi siswa sebagai warga negara yang harus perperan aktif membangun negeri ini di masa yang akan datang,” ungkap sosok yang juga Kepala SMK Negeri 1 Sambas tersebut.

 Kegiatan ini sendiri diikuti seluruh siswa SMK negeri dan swasta se-Kabupaten Sambas dari 21 SMK, dengan jumlah peserta untuk semua bidang lomba mencapai 1.356 siswa. Kegiatan yang dipusatkan di SMK Negeri 1 Sambas serta berbagai tempat ini, memperlombakan olimpiade siswa terapan nasional (OSTN). Bidang mata pelajaran yang diperlombakan seperti matematika teknik, matematika non teknik, fisika, kimia, dan biologi. Kemudian juga dilombakan festival lomba seni siswa nasional (FLS2N) yang menyuguhkan tari kreasi tradisional, teater, dan gitar klasik; debat bahasa seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin; olimpiade olahraga dan seni nasional (O2SN) yang mempertandingkan bolavoli, basket, bulutangkis, tenis meja, dan catur; lomba kompetensi siswa (LKS) berupa akutansi, marketing, office administration, technic computer and networking, dan agronomi; lomba cerdas cermat UUD 1945, Pancasila, dan Tap MPR; seminar guru, stan pameran hasil kreativitas siswa SMK Kabupaten Sambas, hingga stand up comedy, sepakbola, lomba teknologi tepat guna (pengolahan limbah plastik), dan lomba memasak serba ubi.

Biaya kegiatan ini sendiri, menurut Mulyadi, berasal dari dana sekolah penyelenggara dalam hal ini SMK Negeri 1 Sambas, dikenakan pada pos dana yang  relevan dan dari berbagai donatur. “Oleh karena itu, dalam kesempatan selaku tuan rumah mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi semua pihak, sehingga kegiatan Gebyar SMK III berjalan dengan sukses dan lancar, kepada Bupati Sambas, Wakil Bupati Sambas, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kalbar, Direktur Utama Bank Kalbar, Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas, Seven Peaks Australian Education Consultant, Pedoman Motor Sambas, Yamaha Motor, Bank Kalbar Cabang Sambas, Toko 1001 Sambas, seluruh kepala SMK negeri dan swasta se-Kabupaten Sambas, penerbit CV Citra Pustaka cabang Sambas, Penerbit Erlangga cabang Sambas, PT Astra Honda Motor Pontianak, Sukses tailor Pemangkat,” ungkapnya sedemikian panjang.

SMK Negeri 1 Sambas buat kali kedua mengukuhkan diri sebagai juara umum dengan perolehan 23 medali, terdiri dari 13 emas, 4 perak, dan 6 perunggu. Sementara berada pada peringkat kedua SMK Negeri 1 Paloh, juara umum ketiga SMK Negeri 1 Teluk Keramat, juara umum keempat SMK Negeri 1 Sejangkung, dan juara umum kelima SMK Negeri 1 Selakau Timur. “Alhamdulillah kali ini gebyar masih SMK Negeri 1 Sambas sebagai juara bertahan, juara umum. Sebelumnya kami menjadi juara umum saat Gebyar SMK di SMK 1 Pemangat tahun 2015 silam,” katanya

Gebyar kali ini, diakui Mulyadi, banyak terdapat peningkatan, baik dari segi kuantitas maupun kualitas kegiatan. Dari segi kuantitas, jumlah peserta meningkat 100 persen. Pasalnya, diakui dia, semua SMK baik negeri dan swasta se-Kabupaten Sambas ambil bagian dalam kegiatan gebyar kali ini. Begitu juga dari segi kualitas, mulai dari performance stand pameran peserta sampai peserta lomba dari berbagai even, menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. “Ini terlihat dari antusias peserta (siswa) mengikuti setiap bidang lomba dan selisih perolehan nilai yang tidak terlalu jauh antara satu tim dengan yang lainnya atau antara individu yang satu dengan yang lainnya,” ujar Mulyadi.

Lomba yang diadakan tersebut, menurut dia, merupakan ajang seleksi untuk tingkat Provinsi, selanjutnya ke tingkat nasional, baik LKS, O2SN, OSTN, dan FLS2N.  “Kami sebagai sekolah penyelenggara banyak bersyukur pada Allah SWT, karena selama gebyar, cuaca sangat bersahabat dan hanya sekali turun hujan untuk membersihkan debu jalanan, karena selama waktu persiapan beberapa hari tidak turun hujan, dan selama kegiatan tidak ada suatu hambatan atau permasalahan yang tidak bisa diatasi oleh panitia. Jadi, menurut hemat kami, kegiatan berjalan dengan sukses, aman, dan lancar. Oleh karena itu selaku kepala SMK Negeri 1 Sambas, selaku tuan rumah, banyak mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada panitia pelaksana Gebyar SMK III Kabupaten Sambas yang telah mensukseskan kegiatan ini,” pungkasnya panjang lebar. (har)

 

Berita Terkait