SMAM 1 Launching Program One Week One Juz For Teen

SMAM 1 Launching Program One Week One Juz For Teen

  Selasa, 3 April 2018 11:00
QURANI: Dr. Mulyadi saat melaunching Program One Week One Juz di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. FOTO IST

Berita Terkait

SEKOLAH Menengah Atas Muhammadiyah (SMAM) 1 Pontianak, Senin (02/04) kemarin melaunching program One Week One Juz For Teen. Program ini bertujuan membumikan membaca Al Qur'an di kalangan pelajar/siswa di SMA Muhammadiyah 1 Pontianak sehingga diharapkan pelajar SMA Muhammadiyah 1 Pontianak menjadi pelopor dan contoh yang bisa diikuti para pelajar yang lain. 

“Gerakan membumikan Al-Quran kita lakukan sedini mungkin untuk menangkal pengaruh gadget yang sekarang sudah mulai meresahkan pelajar. Remaja terutama pelajar saat ini tingkat ketergantungan terhadap smartphone sudah sangat luar biasa, jika dipergunakan untuk  hal yang positif pasti kami dukung tetapi banyak justru yg disalah gunakan untuk hal-hal negatif,” kata Ahmad Muhfahir, S.Pd I, Waka bidang Kesiswaan dan Al Islam Kemuhammadiyahan SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. 

Melihat kondisi ini, SMA Muhammadiyah 1 jelas Achmad Mufahir, mencoba membuat program kepada siswa agar hari-harinya disibukan dengan membaca Al-Quran selama sepekan selain tugas pokok sebagai pelajar. “Dalam program ini, siswa harus menyelesaikan satu juz bacaannya selama seminggu dan pada akhirnya satu semester seluruh siswa bisa khatam 30 juz,” ungkap Mufahir. 

Sementara Hayatunnufus, M.Pd, pembina program one week one juz menambahkan bahwa program dilaksanakan dalam upaya mendidik karakter anak melalui Al Qur'an dan pengembangan literasi baik disekolah maupun dirumah. “Insya Allah program ini akan menjadi salah satu budaya sekolah dan budaya siswa yang baru di sekolah dan dirumah. Kepala SMA Muhammadiyah 1 Pontianak, Deni Hamdani, S.Pd.I mengatakan, Program One Week One Juz akan diupayakan terwujud di sekolah dan diharapkan bisa diikuti semua pelajar. 

“Semoga ini menjadi atmosfir yang baik buat para generasi muda terutama di Kota Pontianak. Kepada orang tua kami harapkan dapat mendukung program pembelajaran ini dengan selalu dan terus mengingatkan kepada anak anaknya untuk menyelesaikan bacaan Alquran nya. Sinergi antara sekolah dan orang tua dalam membina akhlak mulia kepada anak diharapkan bisa berjalan,” harapnya. 

SMA Muhammadiyah 1 jelas Deni Hamdani telah mempelopori kegiatan membaca Al Qur'an sebelum memulai belajar disekolah dan sudah diikuti banyak sekolah negeri maupun swasta di Kalbar. 

Program One Week One Juz dilaunching langsung Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak sekaligus Ketua LPTQ Kota Pontianak Dr. Mulyadi, M.Si. Dalam sambutannya saat melaunching program, Mulyadi berharap pelajar Muhammadiyah bisa menjadi pelajar yang Qur'ani dan dapat menjadi contoh untuk remaja dilingkungannya. Acara juga dihadiri Kasi Kurikulum Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi Kalbar.(ags/ser 

Berita Terkait