Slank Siap Hibur Pencinta Musik Kalbar

Slank Siap Hibur Pencinta Musik Kalbar

  Senin, 19 November 2018 09:55

Berita Terkait

BOLD XPERIENCE SLANK 

PONTIANAK - BOLD XPERIENCE dengan bangga mempersembahkan band papan atas Indonesia Slank, di sepuluh kota di tanah air. Setelah menggelar perhelatan akbar di Padang (10/11), Bukit Tinggi (11/11), Pekanbaru (14/11), hingga Rengat (17/11), tur akan dilanjutkan ke Kalimantan Barat. 

Sejumlah kota/kabupaten akan disambangi grup band ini, mulai dari Ketapang (21/11), Pontianak (24/11), Mempawah (25/11), Singkawang (28/11), Sanggau (01/12) dan Sintang (02/12).

Grup Slank bermula dari Cikini Stones Complex (CSC), yaitu grup musik yang terdiri dari anak-anak SMA Perguruan Cikini, Jakarta pada 26 Desember 1983 silam. CSC terdiri dari Bimo Setiawan alias Bimbim (drum), Boy (gitar), Kiki (gitar), Abi (bass), Uti (vokal), dan Well Welly (vokal), yang banyak mengekspresikan kecintaan pada lagu-lagu Rolling Stones. Grup ini tidak bertahan dan membubarkan diri. 

Bimbim meneruskan semangat bermusik mereka dengan kedua saudaranya Denny dan Erwan membentuk Red Evil yang kemudian berganti nama menjadi Slank. Nama ini diambil begitu saja dari cemoohan orang yang sering menyebut mereka cowok selengean atau lelaki urakan. Mereka merekrut personel tambahan yakni Bongky (gitar) dan Kiki (gitar). 

Kediaman Bimbim di Potlot 14 pun dijadikan sebagai markas besar mereka. Tempat ini menjadi situs wajib yang harus dikunjungi para Slanker. Mereka sempat tampil di beberapa pentas dengan membawakan lagu-lagu sendiri sebelum Erwan memutuskan mundur karena merasa tidak punya harapan di Slank.

Dengan perjuangan panjang, terbentuklah formasi ketigabelas dengan personelnya Bimbim, Kaka, Bongky, Pay dan Indra. Saat itu Slank baru solid. Mereka mulai membuat demo untuk ditawarkan ke perusahaan rekaman. Setelah berulang kali ditolak, akhirnya tahun 1990 demonya diterima. Mereka lalu memulai rekaman debut album Suit... Suit... He... He... (Gadis Sexy).

Album yang menampilkan lagu Memang dan Maafkan itu meledak di pasaran sehingga mereka pun diganjar BASF Award untuk kategori pendatang baru terbaik. Album tersebut juga seakan menampar industri musik Indonesia yang kala itu masih gencar dengan lagu melayu seperti tembang Isabella milik Search. Musik padu-padan rock and roll blues ala Slank akhirnya dekat dengan anak muda di Indonesia. 

Gaya mereka yang khas, cuek, slengean, tapi bersahabat berhasil menarik massa yang saat itu masih sebatas minoritas. Album kedua mereka, Kampungan juga meraih sukses yang sama. Pada Desember 1993, Slank merilis album ketiga Piss! yang merupakan plesetan dari kata peace (damai). Jargon ini menjadi tren pada masa itu. 

Hits single album ini adalah Piss dan Kirim Aku Bunga. Seiring dengan berjalannya waktu, Slank mengalami perubahan personel sampai 14 kali pada 1996 yang bertahan hingga sekarang. Formasi terakhir yang dimulai dari album ke-7 Slank, terdiri dari Bimbim (drum), Kaka (vokal), Ivanka (bass), Ridho (gitar), dan Abdee (gitar).

Dengan perjalanan yang luar biasa itu, wajar jika Slank saat ini merupakan band nomor satu di Indonesia. Puluhan lagu hits yang mereka ciptakan masih terdengar dinyanyikan oleh kawula muda Indonesia sampai sekarang.

Penasaran akan seperti apa event BOLD XPERIENCE Slank ini? Event ini sedianya akan dimulai pada pukul 16.00 WIB sampai dengan kurang lebih pukul 22.30 WIB. Bakal ada bazar komunitas, distro dan game-game menarik serta doorprize untuk penonton yang hadir. Sebagai opening act ditampilkan D’Plust Band untuk wilayah Sumatera dan Puck Mude Band untuk Kalbar. Catat tanggalnya dan  jangan sampai terlewatkan. (sti)

Berita Terkait