Sispala Camar Bersihkan Gunung Roban

Sispala Camar Bersihkan Gunung Roban

  Rabu, 25 April 2018 11:00
AKSI SOSIAL: Memperingati Hari Bumi pada tanggal 22 April 2018 Siswa pecinta alam (Sispala) Camar SMAN 1 Singkawang mengadakan aksi sosial membersihkan Gunung Roban. Har/Pontianak Post

Berita Terkait

SINGKAWANG--Memperingati Hari Bumi pada tanggal 22 April 2018 Siswa pecinta alam (Sispala) Camar SMAN 1 Singkawang mengadakan aksi sosial membersihkan Gunung Roban. Tak hanya membersihkan Gunung, Sispala Camar SMAN 1 Singkawang juga membuat 17 papan tanda yang berisi tentang imbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan dengan kalimat kekinian yang mudah di pahami, serta membuat enam tong sampah organik dan non-organik dari kaleng cat bekas yang berukuran 20 kg.

Sispala Camar SMAN 1 Singkawang mengundang beberapa ekstrakuler sekolah yang ada di Singkawang yakni Paskibra SMAN 1 Singkawang, Pramuka SMAN 1 Singkawang, Sispala SMKN 2 Singkawang, Komunitas Jelajah Alam dan selebihnya dari masyarakat sekitar untuk berpartisipai dalam memperingati Hari Bumi.  Selain itu hadir pula Pembina Sispala Camar Ibu Deti sekaligus perwakilan dari Sekolah untuk membuka dan mengawal kegiatan aksi social tersebut. Kegiatan Hari Bumi merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan Sispala Camar SMAN 1 Singkawang.

“Tujuan Sispala Camar SMAN 1 Singkawang mengadakan aksi bersih gunung roban adalah sebagaimana kita ketahui bahwa gunung roban merupakan tempat untuk olahraga alam yang paling asik dan paling terjangkau untuk di kunjungi, sehingga setiap harinya banyak masyarakat dari berbagai kalangan datang untuk sekedar berolahraga atau hanya datang untuk senang-senang,” ujar Handayani peserta aksi hari Bumi.

Tak dipungkiri bahwa kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya masih kurang, sehingga pada Tahun ini Sispala Camar SMAN 1 Singkawang mengadakan aksi sosial di Gunung Roban sekaligus edukasi kepada masyarakat mengenai kesadaran membuang sampah dan tidak meninggalkan sampah di gunung. Pemasangan Plang dengan imbauan untuk tidak membuang sampah di tancapkan di 17 titik sepanjang jalur naik dan turun dan di pasang di tempat yang terlihat oleh mata serta 6 tong sampah yang di letakkan di warung, di pekong atas dan di beberapa titik peristirahatan. Antusias peserta dan pengunjung yang hadir untuk berpartisipasi dalam aksi social ini cukup tinggi dengan melihat banyaknya masyarakat yang memberikan dukungan dari tanda tangan di papan tanda tangan dan masyarakat yang ikut serta dalam memungut sampah.  “Di harapkan dari aksi sosial pada Hari Bumi ini dapat memberikan kesadaran kepada semua kalangan untuk memiliki rasa tanggung jawab dengan sampah yang di bawa dan membuang sampah pada tempatnya. Mari sayangi bumi ini seperti kita menyayangi diri sendiri,” katanya. (har)

Berita Terkait