Sinergi TNI-Polri Wujudkan Kalbar Aman

Sinergi TNI-Polri Wujudkan Kalbar Aman

  Kamis, 11 July 2019 11:53
HUT : Gubernur Kalbar Sutarmidji bersama Kapolda Kalbar Didi Haryono saat menghadiri kegiatan HUT ke-73 Bhayangkara di Mapolda Kalbar, Rabu (10/7) pagi.HUMPRO KALBAR FOR PONTIANAK POST

PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji menyampaikan ucapan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Bhayangkara kepada Kepolisian Republik Indonesia. Ia berharap sinregitas dengan Polri terus terjalin dengan baik dalam rangka pembangunan di provinsi ini. 

"Kami terus mewujudkan sinergitas untuk percepatan pembangunan di Kalbar. Pembangunan itu baru bisa lancar kalau kondisi lapangan itu kondusif, Pemprov Kalbar dan TNI-Polri bersinergi mewujudkan Kalbar yang aman, damai dan sejahtera," ujar Sutarmidji saat menghadiri HUT ke-73 Bhayangkara, Rabu (10/7).

Adapaun salah satu wujud sinergitas diantaranya dengan membangunan Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Kalimantan Barat di Kota Singkawang. "Saya berharap kedepan lahirnya polisi yang profesional dan berprestasi itu dari tempaan kalimantan barat, sehingga polisi yang melindungi, mengayomi dan melayani," tuturnya.

Dirinya juga meminta kepada masyarakat agar bersifat positif saat pihak kepolisian melaksanakan penegakkan hukum. Semua proses jangan selalu dipandang sebagai hal negatif. "Kami perlu sosialisasikan ke masyarakat, ketika Polisi menegakkan suatu aturan perundang-undangan jangan dianggap sebagai kriminalisasi. Kenapa itu terjadi, selama ini hal-hal yang melanggar aturan sering ditoleransi sehingga ketika itu terakumulasi aturan harus ditegakkan orang menganggap itu adalah kriminalisasi," paparnya. 

Orang nomor satu di Kalbar itu mengatakan, salah satu tantangan ke depan bagi pihak kepolisian adalah aturan-aturan saat ini akan tersaingi dengan kemajuan teknologi. "Nah aturan belum terjangkau untuk melahirkan hukum itu hakim. Polisi dan Jaksa maupun penegak hukum tidak bisa melahirkan hukum dan tidak bisa menafsirkan pasal-pasal hukum, itu tidak gampang, jadi jangan menganggap satu kasus lama ditangani bukan karena sengaja, melainkan mencari pasal yang tepat," tutupnya. 

Seperti diketahui upacara peringatan  HUTke73 Bhayangkara dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara Jananuraga dengan Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono selaku Inspektur Upacara. Turut dihadiri Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Herman Asaribab, Gubernur Kalbar Sutarmidji, Danlanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, Wadan Lantamal XII Kolonel Mar Bambang Hadi Suseno serta jajaran Forkopimda lainnya.(bar/r)