Sim Online Cuma Butuh Tiga Menit

Sim Online Cuma Butuh Tiga Menit

  Minggu, 6 December 2015 19:03

Berita Terkait

JAKARTA -- Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Condro Kirono mengatakan, penerbitan Surat Izin Mengemudi online tak membutuhkan waktu lama.

"Dibutuhkan sekitar tiga hingga empat menit saja," tegas Condro usai peluncuran SIM Online di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (6/12).

Menurut dia, untuk penerbitan layanan SIM online ini yang  menelan dana Rp 78 miliar. Layanan SIM online juga dapat memonitor penerbitan SIM di tingkat Polres. Sehingga, bisa diketahui berapa jumlah penerbitan SIM yang dilakukan oleh Polres. Database di Polres akan ditarik ke Korlantas Polri. Dengan demikian, data yang digunakan untuk penerbitan menjadi terpusat.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menegaskan, layanan SIM online itu akan terus dilakukan secara bertahap. "Inikan bertahap sampai 2016. Kita tidak bisa sekaligus," kata dia usai menghadiri acara.

Selain itu, lanjut Haiti, nanti juga akan disiapkan layanan SIM keliling bagi kaum difable. "Semua masyarakat bisa dilayani," ujar orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu. (boy/jpnn)

Berita Terkait