Sidak Proses Perekaman e-KTP

Sidak Proses Perekaman e-KTP

  Sabtu, 10 September 2016 09:30
SIDAK : Bupati Kubu Raya, Rusman Ali melakukan sidak ke Disdukcapil Kubu Raya untuk memastikan layanan perekaman e-KTP berjalan baik

Berita Terkait

KUBU RAYA – Meski belum lama ini Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kubu Raya mengklaim tengah gencar meningkatkan layanan termasuk melakukan upaya jemput bola dalam proses perekaman e-KTP, namun untuk memastikan perekaman e-KTP berjalan optimal, Jumat (9/9) Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menyempatkan diri melakukan sidak (inspeksi mendadak) layanan perekaman e-KTP di Disdukcapil Kubu Raya.

“Saya ingin memastikan layanan perekaman e-KTP ini berjalan lancar dan setiap warga harus mendapatkan layanan yang baik dari petugas. Jadi jika memang ditemukan ada kendala bisa sama-sama dibicarakan untuk segera diatasi sehingga target perekaman e-KTP bisa segera rampung,” kata Rusman Ali saat melakukan sidak di Disdukcapil, kemarin.

Bupati Kubu Raya ini, menegaskan sejak awal pemerintah daerah setempat telah menjamin peningkatan pelayanan publik yang jauh lebih baik, terutama layanan bagi masyarakat yang akan melakukan perekaman e-KTP.

“Saya berharap sebelum batas akhir perekaman yang telah ditentukan pemerintah pusat,  masyarakat Kubu Raya telah melakukan perekaman, sehingga data kependudukan masyarakat menjadi lebih baik,” katanya.

Rusman Ali menambahkan, dirinya tidak ingin lambannya perekaman e-KTP lantaran ada kelalaian yang dilakukan petugas di lapangan. Hasil dari inspeksi mendadak yang digelar tersebut kata dia secara umum pelayanan perekaman e-KTP di Disdukcapil dan Kantor Camat Sungai Raya hingga sekarang berjalan baik. “Beberapa petugas saya lihat juga tetap stand by di tempat untuk memberikan layanan,” terangnya.

Bagi daerah jauh yang tidak terjangkau oleh jaringan internet, sudah dilakukan program jemput bola dengan menurunkan petugas untuk melakukan perekaman offline di desa yang tidak terjangkau jaringan internet. Seperti pada hari ini petugas Capil sedang melakukan perekaman di Desa Korek Kecamatan Kuala Mandor B. “Kita lakukan program jemput bola, bagi kita semua masyarakat harus mendapat layanan dengann baik,” ungkap Rusman Ali.

Rusman Ali juga mengaharapkan kepada seluruh masyarakat Kubu Raya agar memanfaatkan waktu yang masih tersisa, untuk segera melakukan perekaman dan menyampaikan informasi kepada saudara-saudara dan masyarakat lainnya yang belum paham.

Dijelaskan Rusman Ali, jika masyarakat menunda melakukan perekaman nantinya akan merugikan masyarakat sendiri. Karena akan kesulitan mendapatkan layanan publik.

“Saya harapkan kepada seluruh masyarakat Kubu Raya agar mengajak masyarakat yang lain agar segera melakukan perekaman e-KTP. Karena data e-KTP nantinya menjadi data utama yang digunakan untuk mendapatkan pelayanan publik.,” harap Rusman Ali.

Sebelumnya Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kubu Raya, Ardiansyah mengklaim proses perekaman e-KTP di Kubu Raya saat ini telah memenuhi target yang ditetapkan pemerintah pusat.  “Kalau dikalkulasikan secara umum proses perekaman e-KTP saat ini sudah mencapai 100 persen, namun untuk perekaman data bagi semua penduduk wajib KTP di Kubu Raya baru bisa terpenuhi sekitar 84 persen,” kata Adriansyah.

Menurutnya beberapa kendala yang dinilai menghambat perekaman data e-KTP misalnya terdapat beberapa desa yang jarak tempuhnya cukup jauh dengan kantor camat setempat atau ibu kota kabupaten. Selain itu kondisi  listrik yang sering byarpet dan ketahanan mesin perekam data yang tidak maksimal membuat petugas terpaksa mengopreasikan peralatan perekam e-KTP dilakukan secara bertahap.
“Jika dilakukan selama berjam-jam, alatnya bisa mati sendiri dan error. Belum lagi kesadaran masyarakat yang masih kurang untuk perekaman data e-KTP membuat proses ini berjalan agak lama,” katanya.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Adriansyah juga telah menginstruksikan kepada para petugas perekam data e-KTP agar bisa bekerja maksimal. Pihaknya juga sudah berkirim surat ke pemerintah kecamatan dan desa agar bisa lebih gencar mensosialisasikan hal itu kepada masyarakat. Hal lain yang dilakukan yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kubu Raya tengah giat melakukan percepatan proses perekaman data e-KTP dengan sistem jemput bola. (ash)

 

 

Berita Terkait