Siapkan Regenerasi SDM di Mempawah

Siapkan Regenerasi SDM di Mempawah

  Sabtu, 20 April 2019 10:07
RAMAH TAMAH: Suasana pisah sambut Bupati dan Wakil Bupati Mempawah.

Berita Terkait

Percepatan Pembangunan Proyek Strategis Nasional

MEMPAWAH - Mantan Bupati Mempawah, H Ria Norsan, berharap bupati dan wakil bupati, Hj Erlina, dan Muhammad Pagi mempersiapkan pembangunan regenerasi Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab, SDM yang berkualitas akan menentukan suksesnya pembangunan dan kemajuan daerah dimasa mendatang.

“Pasca pemekaran Kabupaten Kubu Raya, SDM di Mempawah banyak yang ikut pindah ke Kubu Raya. Sehingga, sekarang SDM yang tersisa sudah hampir memasuki purna tugas. Sebagian besar dalam satu atau dua tahun kedepan sudah pensiun,” ungkap Norsan saat menghadiri pisah sambut bupati dan wakil bupati terpilih dan mantan bupati dan wakil bupati di Kantor Bupati Mempawah, belum lama ini.

Maka, saran Norsan yang kini menjabat Wakil Gubernur Kalbar itu, Bupati dan Wakil Bupati, Hj Erlina-Muhammad Pagi harus melaksanakan pembinaan total terhadap peningkatan mutu dan kualitas SDM di Kabupaten Mempawah. Pembinaan ini ditujukan untuk mempersiapkan regenerasi SDM di masa mendatang.

“Pembinaan SDM harus betul-betul diperhatikan. Agar ada regenerasi untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Mempawah. Ini perlu tekad dan komitmen yang kuat dari seluruh SKPD Pemerintah Kabupaten Mempawah. Supaya lahir SDM berkualitas yang siap melaksanakan program pembangunan strategis di masyarakat,” harapnya.

Mantan Bupati Mempawah dua periode ini memiliki keinginan yang besar agar Kabupaten Mempawah tumbuh dan berkembang menjadi daerah yang maju dan terdepan di Kalimantan Barat. Menurut Norsan, semua itu dapat terwujud dengan realisasi sejumlah pembangunan proyek strategis nasional yang sedang berlangsung.

“Kita ingin Mempawah dikenal masyarakat secara luas dari berbagai sektor. Baik itu pembangunannya, kekayaan kuliner, adat istiadat, budaya hingga keramahtamahan masyarakatnya. Sehingga citra Mempawah akan semakin baik di seluruh kalangan masyarakat,” tuturnya.

Lebih jauh, Norsan berharap Bupati dan Wakil Bupati, Hj Erlina-Muhammad Pagi dapat menjaga pembangunan yang sudah baik dan melanjutkan program kerja yang belum tuntas. Termasuk sejumlah program pembangunan strategis untuk mendukung kinerja pemerintahan daerah.

“Salah satunya pembangunan rumah sakit. Kami canangkan pembangunan ini bisa dimulai pada tahun 2019. Kemudian, pembangunan Masjid Agung Alfalah, pembangunan kantor SKPD yang sudah layak untuk dipugar dan lainnya,” papar Norsan.

“Kami mohon juga mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya jika selama periode kepemimpinan di Kabupaten Mempawah belum dapat memenuhi seluruh keinginan dan harapan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Mantan Wakil Bupati Mempawah, H Gusti Ramlana menyebut ada sejumlah pekerjaan berat yang harus dituntaskan pemerintah daerah dalam waktu dekat. Salah satunya, percepatan pembangunan pelabuhan kijing, proyek SGAR dan penetapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) untuk mendukung akivitas Pelabuhan Kijing.

“Terkait KEK, kita harus mengundang investor-investor asing agar berinvestasi di Kabupaten Mempawah. Maka, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya agar para investor ini tertarik untuk mengembangkan wilayah Kabupaten Mempawah sesuai bidangnya masing-masing,” pendapat Ramlana.

“Untuk mewujudkan semua ini diperlukan peran serta dan kerjasama semua pihak. Terutama pemerintah, swasta dan masyarakat. Ketiga komponen ini akan sangat menentukan suksesnya arah kebijakan pembangunan daerah dimasa mendatang,” tukasnya. (wah) 

Berita Terkait