Siapkan Menu Andalan

Siapkan Menu Andalan

  Sabtu, 26 March 2016 12:12
MENU ANDALAN: Berbagai jenis kuliner khas seperti Black Burger ditawarkan D’Food Truck. MIFTAHUL KHAIR/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK – Membangun usaha food truck memerlukan sebuah inovasi menu untuk mengundang konsumen. Sesuai tema yang diusung, pengusaha food truck dapat menonjolkan satu menu andalan agar mudah dikenal oleh konsumen.

Pengusaha food truck dalam memulai usahanya memerlukan satu tema yang khas dan dapat berjalan dalam beberapa waktu sesuai dengan target dari pengusaha itu sendiri. Inovasi tema bisa terus dilakukan guna mempertahankan dan menarik pelanggan baru.

Dengan menentukan segmen pasar yang akan dituju, tema dan inovasi menu dapat berjalan dengan sendirinya. Decky, menamakan “D’Food Truck” untuk usahanya kali ini. Ia menghadirkan menu utama berupa Black Burger.

Black Burger adalah salah satu inovasi dari menu burger kekinian. Tampilannya yang cukup menarik dengan tumpukan roti hitam beserta isian dagingnya yang berwarna hitam membuat penasaran banyak orang.

Sebenarnya Burger Hitam ini adalah salah satu makanan yang lagi ngetrend di Jepang. Untuk di Jepang Burger Hitam ini disebut dengan Kuro Burger, yang berarti Kuro adalah Hitam. “Kuro Burger adalah resep rahasia dari kami, semua bahannya kita datangkan dari Bandung. Ya untuk mempertahankan kualitas,” ungkap Decky kepada Pontianak Post.

Selain Kuro Burger, ia juga sedang mempersiapkan satu menu andalan lain yaitu Kuro Pizza. Kuro Pizza masih melalui tahap pematangan ide dan rasa. Ia masih merahasiakan kapan Kuro Pizza akan tersedia di Food Truck miliknya.

Selain Food Truck, terdapat jenis lain dari bisnis makanan dengan menggunakan kendaraan. Coffee Truck juga sudah hadir di Pontianak. VW Coffee milik Uray Ali menghadirkan sensasi ”ngopi” yang lebih unik.

Suasana ngopi yang lebih nyaman berusaha ditonjolkan pengusaha muda ini. Namun ia tetap menjanjikan secangkir kopi lezat yang dapat dinikmati sesuai pengunjung. Ia mengusung “Catrina Ice Coffee “ untuk usahanya kali ini. “Setiap kopi memiliki karakter tersendiri, silahkan coba kopi kami,” ujarnya.

Menu yang sudah ada lama di sebuah usaha harus tetap dimonitor perkembangannya. Minat pelanggan terhadap sebuah menu dapat dilihat setiap bulannya. Satu atau dua menu yang sudah tidak diminati harus dievaluasi kekurangannya.

Jika setelah dievaluasi dan ditawarkan lagi ke pelanggan namun tidak memberikan hasil positif, maka menu itu layak diganti. “Seperti dulu kami pernah membuat menu hotdog. Tapi karena pelanggan lebih memilih burger, jadi kami tiadakan,” ungkapnya. (mif)

Berita Terkait