Siap Songsong Pemilu 2019

Siap Songsong Pemilu 2019

  Minggu, 30 December 2018 08:56
UJI COBA: Ketua KPU Kota Pontianak, Sujadi, saat melakukan uji daya tahan kotak suara yang terbuat dari kardus untuk Pemilu 2019 mendatang.

Berita Terkait

PONTIANAK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak menyatakan sudah siap menghadapi Pemilu 2019 mendatang, untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres). Hal tersebut didukung dengan kesiapan pengadaan fungsi logistik yang sudah mencapai 80 persen. Sedangkan 20 persen sisanya yang masih dalam proses persiapan adalah penentuan masa tenang jelang pemungutan suara, yang akan dilaksanakan pada 17 April.

Ketua KPU Kota Pontianak, Sujadi, memastikan semua kebutuhan dan persiapan untuk menghadapi pemilu akbar, sudah dipersiapkan sebaik mungkin. Persiapan yang dimaksud dia seperti untuk penetapan perolehan suara, penetapan calon terpilih, serta pelantikan setiap calon. Ia sangat yakin untuk Kota Pontianak sendiri sudah tergolong sangat siap. Kesiapan yang dimaksud dia dalam pengertian logistik, terkait alar maupun perlengkapan TPS, serta sejumlah item pendukung lainnya yang sudah terpenuhi.

“Semua persiapan untuk mensukseskam Pemilu 2019 sudah sangat matang. Seperti kertas suara, tinta, segel, kotak suara, dan tempat atau bilik suara semuanya sudah siap,” kata Sujadi saat ditemui di gudang penyimpanan logistik KPU Kota Pontianak, Komplek Java Square, Jalan Uray Bawadi, baru-baru ini.

Untuk kekurangan lainnya, dijelaskan diia, hanya tinggal menunggu surat suara dan formulir-formulir untuk para pemilih. Dari informasi yang diperolehnya dari KPU RI, akan diserahkan paling lambat satu bulan menjelang pemilu digelar. Dia juga memastikan, di antara pemilu yang telah dilaksanakan di tahun-tahun sebelumnya, pemilu tahun ini akan jadi yang terbaik. Ini dikarenakan mereka sudah menyiapkan dan menyelesaikan semua yang dibutuhkan, sebelum waktu yang ditentukan.

“Selain kesiapan logistik, faktor-daktor pendukung lain juga sudah kami siapkan, seperti pendanaan, penyelenggara, perangkat peraturan-peraturan. Maka kami yakin Pemilu 2019 untuk Kota Pontianak sudah sangat siap, bahkan yang terbaik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata dia yakin.

Dia melanjutkan, terdapat 2.001 TPS di seluruh Pontianak, dengan jumlah pemilih sebanyak 458.889 jiwa. Jumlah tersebut, menurutnya, tersebar di enam kecamatan, 29 kelurahan, dan di lima daerah pemilihan. “Dari setiap TPS kita berikan lima kotak suara dan empat bilik. Tinggal dikalikan saja dengan jumlahnya, yaitu sebanyak 2.001 buah di seluruh Kota Pontianak,” katanya.

Selain membahas tentang kesiapan menghadapi Pemilu 2019, ia juga yakin dengan penggunaan kotak suara yang digunakan berbahan dasar kardus tersebut. Menurutnya, tidak ada yang perlu ditakutkan dengan penggunaan kotak suara ini, karena sudah pernah diuji coba, bahkan dipakai pada Pemilu 2014 lalu. Saat itu, pemakaiannya, menurut dia, juga dilakukan pada agenda yang sama, Pileg dan Pilpres. Hanya saja, dia menambahkan, ketika itu jumlah kotak suara berbahan kardus yang digunakan sebanyak 20 persen. Itu terjadi, diungkapkan dia, lantaran KPU kekurangan kotak suara berbahan alumunium. “Karena pada tahun 2014 lalu kotak berbahan dasar alumunium kurang, kita pakai alternatif bahan kardus, dan hasilnya tidak ada masalah. Yang terpenting adalah kita bertanggung jawab atas itu dan penyelenggaraan pemilu yang kita laksanakan sudah sesuai dengan intergritas yang berlaku,” jawabnya yakin.

Sujadi memastikan, pada intinya kotak suara yang digunakan untuk Pemilu 2019 aman dari kerusakan. Apalagi, dia menambahkakn, kotak yang sama pernah digunakan, di mana terbukti tidak ada keluhan maupun kerusakan pada kotak maupun isinya. “Insyaallah aman, karena kita akan jaga semaksimal mungkin agar kotak tidak rusak,” tutup komisioner KPU Kota Pontianak tiga periode tersebut. (Sig)

Berita Terkait