Siap Dentumkan 259 Meriam Karbit di Malam Lebaran

Siap Dentumkan 259 Meriam Karbit di Malam Lebaran

  Kamis, 16 May 2019 09:36

Berita Terkait

Festival Meriam Karbit di Pontianak

Sebanyak 259 meriam karbit siap membuat Festival Meriam Karbit semakin semarak. Festival itu yang akan digelar pada malam Idulfitri 1440 Hijriyah. Jumlah keseluruhan meriam itu berasal dari 39 kelompok yang menjadi peserta festival. 

MIRZA, Pontianak

KETUA Forum Permainan Meriam Karbit, Fazri Udin mengatakan, saat ini persiapan untuk festival sudah mencapai di atas 50 persen. "Pembukaan festival tahun ini dipusatkan di Gang H Mailamah, Jalan Adisucipto," ungkapnya usai rapat koordinasi Festival Meriam Karbit di Ruang Rapat Wali Kota Pontianak, belum lama ini.

Menurutnya, meriam karbit merupakan permainan tradisional khas Pontianak dan sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Kami harap melalui Forum Meriam Karbit, budaya ini tetap eksis setiap tahun dan bisa dinikmati masyarakat luas," katanya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meminta panitia Festival Meriam Karbit mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan even ini. "Saya minta panitia pelaksana benar-benar mempersiapkan secara matang, baik itu kemasan acara, pembukaan, panggung utama serta pengaturan tamu undangan," katanya.

Sebagai permainan tradisional, sambung Edi, permainan meriam karbit tidak bisa terpisahkan dengan kehidupan masyarakat Pontianak, terutama yang bermukim di pinggiran Sungai Kapuas. Terlebih meriam karbit merupakan bagian dari historis berdirinya Pontianak. 

"Oleh sebab itu, melalui festival ini kita berharap permainan meriam karbit tetap terus dilestarikan sebagai khasanah budaya Pontianak yang tidak dimiliki daerah lainnya. Tak sah rasanya bila lebaran Idulfitri tanpa terdengar dentuman meriam karbit," katanya.

“Meriam karbit salah satu permainan tradisional khas Pontianak. Bisa dikatakan meriam sebesar ini tak ada dimainkan di daerah lain. Melihat khasnya, ini peluang untuk memperkenalkan wisata di Kota Pontianak. Salah satunya melalui meriam karbit,” kata anggota DPRD Pontianak, Anwar Ali.

Agar wisatawan mancanegara berbondong-bondong datang ke Pontianak, menjadi PR pemerintah buat mengemas acara ini semenarik mungkin.Kalau selama ini kan kegiatannya hanya festival meriam karbit. Ada baiknya, ke depan pelaksanaan festival ini dibalut dengan rangkaian kegiatan lainnya. Apalagi saat ini lokasi promenade tepian Sungai Kapuas begitu menjual. 

“Jika dikemas semenarik mungkin saya yakin akan mendatangkan turis dari mancanegara. Ini tugas Wali Kota dan legislatif. Utamanya bagaimana mendatangkan PAD melalui giat seni dan budaya,” ungkapnya.(*)  

Berita Terkait