Seven Heaven Djokovic

Seven Heaven Djokovic

  Senin, 28 January 2019 13:07

Berita Terkait

MELBOURNE -“Hanya sembilan errors... dalam tiga set... Tidak bisa dipercaya...,”cuit legenda tenis dunia Chris Evert di Twitter kemarin. “Aku belum pernah melihat @DjokerNole (Djokovic) bermain lebih baik dari ini. Tidak ada bandingannya,“ tambah pemilik 18 titel grand slam tersebut.

Cuitan itu ditulis Evert sesaat setelah Novak Djokovic memastikan gelar ketujuhnya pada Australia Terbuka di Rod Laver Arena kemarin. Nole, sapaan akarab Djokovic tampil luar biasa dengan menumbangkan musuh bebuyutannya Rafael Nadal dalam tiga set 6-3, 6-2, 6-3 hanya dalam tempol 2 jam empat menit.

Hasil itu memastikan petenis Serbia tersebut merengkuh gelar grand slam ke-15 nya sepanjang karir. Tujuh gelar yang dia kumpulkan di ajang mayor tanah Australia ini juga membuatnya kini tercatat sebagai pemilik titel terbanyak di Australia Terbuka dalam sejarah. Meninggalkan Roger Federer dan Roy Emerson yang memilki enam piala.

“Tepat 12 bulan lalu saya masih naik meja operasi,” ucap Djokovic dalam sambutan kemenangan. “Dan berdiri di hadapan kalian semua dengan trofi di genggaman saat ini adalah luar biasa. Saya tidak bisa berkata apa-apa lagi,” tambah petenis.

Pasca menjalani operasi penyembuhkan cedera siku kanan awal tahun lalu Djokoic memang kembali ke level tertinggi. Sejak itu sudah tiga trofi grand slam yang sanggup dia rengkuh. Dan itu berturut-turut dari Wimbledon, Amerika Serikat (AS) Terbuka, serta Australia Terbuka ini.

Kini total sudah 15 gelar grand slam yang dia kumpulkan. Itu menjadi yang terbanyak ketiga dalam sejarah. Hanya kalah dari Roger Federer (20) dan Nadal (17).  

Singkatnya durasi pertandingan kemarin membuat banyak prediksi tertipu. Sebelum final banyak yang mengira partai puncak ini bakal berlangsung alot dan memakan waktu yang panjang. Mengingat, pertemuan keduanya di final Australia Terbuka tujuh tahun lalu berdurasi hampir enam jam yakni 5 jam 53 menit.

Bagi Nadal, kekalahan kemarin membuatnya gagal merengkuh trofi Australia Terbuka keduanya sepanjang karir. Satu-satunya gelar yang dia dapat dari Melbourne Park terjadi pada 2009. Kini rekornya di final Australia Terbuka menjadi 1-4.

“Malam ini bukan hari terbaikku,” ucap Nadal. “Tapi ini tetap menajdi dua minggu yang sangat berkesan,” tambahnya. 

Nadal kesulitan meladeni intensitas pergerakan Djokovic yang begitu tinggi. Petensi ranking satu dunia itu mempertontonkan pertahanan yang begitu cantik. Dia berlari ke kanan dan kiri lapangan tanpa kenal lelah. Beberapa kali permainan net Nadal juga masih mampu dikembalikan dengan baik oleh Djokovic.

Nadal yang tak sekalipun menjadi korban break sejak babak pertama kemarin dibreak point sebanyak  lima kali oleh Djokovic. Di lain sisi Nadal malah tak sekalipun mampu melakukan break terhadap lawannya tersebut. “Semua dia (Djokovic) lakukan dengan sangat baik,” ucap Nadal. (irr)
 

Berita Terkait