Serunya Nonton Final Indonesia Open

Serunya Nonton Final Indonesia Open

  Selasa, 10 July 2018 10:00
INDONESIA OPEN: Suasana final Indonesia Open dari tribun peserta Djarum Cultural Visit 2018. ARISTONO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Djarum Cultural Visit

PONTIANAK - Sebanyak 100an jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti cultural visit yang digelar PT Djarum. Dalam kegiatan yang berlangsung selama lima hari, 8-12 Juli ini, para jurnalis diajak untuk berpetualang di lima kota: Jakarta, Yogyakarta, Magelang, Semarang dan Kudus. Hari pertama, Minggu (8/7), peserta cultural visit menyaksikan final Blibli Indonesia Open 2018.

Ada lima partai final yang disaksikan dari siang hingga malam: tunggal putri, ganda putri, tunggal putra, ganda campuran, dan ganda putra. Dua partai terakhir mempunyai wakil dari Indonesia. Tidak sia-sia kehadiran para jurnalis ini. Pasangan ganda campuran Liliyana Natsir-Tontowi Ahmad serta pasangan ganda putra Kevin Sanjaya-Marcus Gideon berhasil merengkuh gelar tertinggi.

Blibli Indonesia Open 2018 adalah even bulutangkis terakbar yang menyediakan total hadiah 1,25 juta dolar AS atau sekira Rp17 miliar. Rekor sebelumnya milik China Open yang hanya mempertaruhkan 1 juta dolar AS. Kejuaraan individu ini berlangsung di Istora Senayan, Jakarta yang baru selesai dipugar. Veneunya sangat megah dan dilengkapi fasilitas serba modern.

Sebagian besar peserta cultural visit ini baru pertama kali menonton partai final badminton sekelas Indonesia Open. Mereka berbaur dengan belasan ribu penonton yang memenuhi stadium. "Sungguh pengalaman yang seru dan tidak terlupakan. Kami ikut bergendang, berteriak dan jingkrak-jingkrak. Suasananya heboh sekali," ujar Muslim Minhard, peserta dari Pontianak.

Keesokan paginya, Senin (9/7)para peserta terbang ke Yogyakarta untuk mengeksplor kota budaya tersebut. Destinasi pertama adalah Candi Prambanan. Walaupun banyak peserta yang sudah pernah berkunjung ke sini, namun bangunan bersejarah dari zaman Mataram Hindu ini masih tetap menarik.

Objek wisata selanjutnya adalah Tebing Breksi, masih di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Ini adalah objek wisata baru yang belakangan viral karena pemandangannya yang indah. Taman wisata Tebing Breksi Jogja adalah tempat wisata alam di Jogja. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan perbukitan batuan breksi. Tebing batuan breksi yang memiliki corak yang indah menjadi daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini.

Sebelum menjadi tempat wisata, lokasi Taman Tebing Breksi sebelumnya adalah tempat penambangan batuan alam. Kegiatan penambangan ini dilakukan oleh masyarakat sekitar. Di sekitar lokasi penambangan terdapat tempat-tempat pemotongan batuan hasil penambangan untuk dijadikan bahan dekorasi bangunan.

Sejak tahun 2014, kegiatan penambangan di tempat ini ditutup oleh pemerintah. Penutupan ini berdasarkan hasil kajian yang menyatakan bahwa batuan yang ada di lokasi penambangan ini merupakan batuan yang berasal dari aktivitas vulkanis Gunung Api. (ars)

Berita Terkait