Serap Tenaga Kerja Lokal, BUMN Sambangi Sekolah

Serap Tenaga Kerja Lokal, BUMN Sambangi Sekolah

  Jumat, 30 September 2016 09:45
TENTANG DUNIA KERJA: Para siswa SMK Negeri 3 Pontianak saat mengikuti kelas BUMN Mengajar yang diadakan Jamkrindo Pontianak.

Berita Terkait

Kementrian BUMN kembali menggelar program BUMN Mengajar di Kota Pontianak. Kali ini Jamkrindo yang didaulat, tepatnya di SMK Negeri 3 Pontianak, kemarin (29/9). Puluhan siswa-siswi sekolah di Jalan S Parman tersebut mengikuti pelajaran tentang kewirausahaan dan dunia kerja. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar yang dibuat menarik tersebut.

 

 

 

Aristono, Pontianak

 

KEPALA Cabang Jamkrindo Pontianak Dody Novarianto menjadi guru dalam kelas tersebut. Selain menggunakan media video yang menarik perhatian para siswa, dia juga kerap melemparkan joke yang menundang gelak tawa. Adapula hadiah untuk memancing keaktifan siswa. “Ini adalah program kementerian dimana kami perusahaan BUMN yang ada didaerah diminata untuk menyebarkan pengetahuan tentang dunia kerja dan memberikan inspirasi,” sebut dia.

Selain itu, kata dia, ajang ini juga menjadi ajang untuk mencari bibit-bibit untuk ditarik ke dunia kerja, khususnya ke perusahaan BUMN. “BUMN ingin mencari tenaga kerja terbaik dari anak-anak muda setempat untuk bekerja di perusahaan BUMN. Tidak hanya Jamkrindo, perusahaan BUMN lain juga mengadakan program BUMN Mengajar ini,” ungkapnya.

Wakil Kepala SMK Negeri 3 Pontianak, Samsu Rizal mengatakan sebagai sekolah kejuruan pihaknya mengapresiasi niat dari BUMN tersebut. Pasalnya anak-anak SMK memang diarahkan untuk langsung memasuki dunia kerja atau berwirausaha. “80 persen dari siswa kami itu langsung masuk ke industri. Sementara sisanya berwirausaha atau melanjutkan studi,” kata dia.

Dia juga menyebut, program BUMN Mengajar merupakan salah satu terobosan penting dalam dunia pendidikan. “Para siswa bisa mendengar langsung dari para praktisi dunia industri, dan mendengar motivasi serta kiat sukses dari mereka. Ini sama sekali tidak menganggu pelajar. Karena kami menerapkan Kurikulum K13, maka kelas BUMN Mengajar ini juga kami nilai,” ucapnya.

Olivia Ardhita, salah seorang siswa mengaku senang dengan program tersebut. “Kami bisa mengetahui apa itu BUMN dan bagaimana dunia kerja serta jejang karir di dalam perusahaan-perusahaan itu,” ujarnya. “Ini cara belajar yang baru bagi kami. Karena banyak hal baru seperti kiat sukses untuk sukses di dunia kerja. Sangat menambah wawasan,” timpal Astri Winandari, siswa lainnya. (*)

Berita Terkait