Serahkan 485 Mahasiswa ke Kompi C 643

Serahkan 485 Mahasiswa ke Kompi C 643

  Kamis, 8 September 2016 09:30
LEPAS BALON: Direktur Politeknik Ketapang, Dr Hj Nurmala MM, melepas balon sebagai tanda dibukanya kegiatan OP2LK mahasiswa baru pada Rabu (7/9) kemarin di halaman Politap.

Berita Terkait

KETAPANG – Sebanyak 485 mahasiswa baru tahun ajaran 2016 – 2017 diserahkan kepada Kompi C 643 Wanara Sakti Ketapang, untuk mengikuti pelatihan kedisplinan (OP2LK) yang berlangsung di halaman Politeknik Ketapang (Politap), Rabu (7/9) kemarin. Penyerahan yang dilakukan secara simbolis oleh direktur Politap, Dr Ir Hj Nurmala MM tersebut, dimaksudkan untuk meningkatkan kedispilinan dan semangat nasionalisme, dalam menghadapi perkembangan globalisasi, seperti perdagangan masyarakat ekonomi ASEAN saat ini.    

 
Nurmala dalam sambutannya mengatakan bahwa untuk menjadi mahasiswa Politeknik Negeri Ketapang, harus mempunyai fisik dan mental yang kuat. “Sehingga setiap mahasiswa harus mengikuti kegiatan OP2LK,” ungkapnya.

Nurmala lebih lanjut menjelaskan bagaimana dalam kegiatan belajar mengajar di Politeknik ini, beban antara teori dan praktik memiliki perbandingan yang sama. Setiap jurusan, menurut dia, sudah dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang mendukung dengan jurusannya. Dengan demikian, dia menambahkan, sudah pasti kegiatan-kegiatan praktik lapangan di kampus ini sangat padat dan membutuhkan kekuatan fisik. “Selamat bergabung bersama keluarga besar Poltap,” ucapnya.

Dalam kegiatan OP2LK tahun ini melibatkan pihak TNI dalam pelatihannya. Dengan melibatkan TNI, dia berharap agar para mahasiswa terlatih dan terbiasa dengan pendidikan kedisplinan ala militer. Dengan demikian, dia yakin, akan diperoleh sikap kedisplinan yang tinggi, fisik yang kuat, mental yang berani, serta budi pekerti yang baik dalam proses pendidikan nantinya. “Saya ingatkan juga kepada pejabat, staf, khususnya para dosen, agar lebih meningkatkan kualitas mengajar kepada mahasiswa. Berikan yang terbaik kepada mahaisiswa, dan penuhi semua yang dibutuhkan mahasiswa, agar mereka nantinya bisa menjadi generasi yang terbaik,” pesan dia.

Sementara itu, ketua Panitia OP2LK 2016-2017, Ismail Marjuki ST MT, menjelaskan bahwa kegiatan OP2LK tahun ini merupakan angkatan IX. “Dengan salah satu bentuk kegiatan berupa latihan disiplin dan menumbuhkembangkan semangat nasionalisme,” kata dia.

Menurutnya, dalam menghadapi persaingan MEA, seorang mahasiswa tidak cukup dengan kemampuan akedemik. Mereka, menurut dia, harus mempunyai kedisiplinan, mandiri, dan sikap loyalitas yang tinggi. “Atas dasar tersebut, sehingga panitia melibatkan TNI untuk melatih mahasiswa tentang kedisiplinan ala militer,” ucapnya.

Kegiatan OP2LK dilaksanakan selama empat hari, sepanjang Rabu (7/9) – Sabtu (10/9) mendatang. Dalam empat hari tersebut, tiga hari mahasiswa akan dibina dan diberi pelatihan tentang kedisiplinan. Sedangkan satu harinya akan diberikan materi tentang pengenalan kampus, tentang akedemik, dan motivasi dalam meraih citi-cita oleh panitia dan  dosen.

Saat ini Politeknik Negeri Ketapang memiliki delapan program studi (prodi) yang di antaranya, Diploma III (D3) Prodi Perawatan dan Perbaikan Mesin, Prodi Teknik Pertambangan, Prodi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, Prodi Agroindustri, Prodi Teknik Informatika, dan Prodi Teknik Elektro. Sedangkan untuk Diploma IV (D4) Prodi Teknil Sipil dan Prodi Budidaya Tanam Perkebunan. (pms/ser)

 

Berita Terkait