Seputar Sikat Gigi yang Sering Bikin Bingung

Seputar Sikat Gigi yang Sering Bikin Bingung

  Sabtu, 2 March 2019 08:54
Banyak informasi seputar cara merawat kebersihan gigi, namun belum tentu bisa dipastikan kebenarannya. (dental care)

Berita Terkait

Banyak informasi seputar cara merawat kebersihan gigi, namun belum tentu bisa dipastikan kebenarannya. Apalagi di era media sosial saat ini, informasi datang begitu cepat silih berganti membuat seseorang justru bingung mana informasi yang tepat.

Dalam diskusi bersama Sensodyne, Jumat (1/3), Dokter Gigi Callista Argentina Wulansari, SKG, Drg, CHt, memaparkan berbagai informasi yang tepat seputar menjaga kesehatan gigi. Sebab masalah gigi ngilu dan gigi berlubang, sudah menjadi persoalan yang paling sering dialami masyarakat. Berikut lima fakta atau mitos terkait cara merawat gigi,

1. Lidah Juga Harus Dibersihkan, Mitos atau Fakta?

[mitos atau fakta, masalah gigi, cara merawat gigi, cara menyikat gigi yang benar,]
Menyikat gigi tak usah terlalu lama. Semakin lama menyikat gigi bukan berarti akan menjamin gigi lebih bersih. (BabyCentre)

Menurut drg. Callista, hal itu fakta. Bahwa lidah juga harus dibersihkan saat menyikat gigi. Lidah harus disikat karena banyak kuman bersembunyi. Caranya cukup dengan menyikat ke arah luar setelah menyikat gigi dan tak perlu pakai odol.

"Penting untuk kebersihan gigi dan mulut. Kuman penyebab radang tenggorokan itu bersembunyi di lidah," ungkapnya.

2. Perlu Pakai Cairan Kumur, Mitos atau Fakta?

Menurut drg. Callista, bukan hal yang wajib dilakukan untuk berkumur dengan cairan kumur atau antiseptik. Cairan antiseptik boleh digunakan hanya sesekali.

"Enggak perlu setiap habis sikat gigi. Digunakan kalau perlu saja. Misalnya habis makan makanan beraroma lalu mau meeting, boleh dipakai," jelasnya.

3. Kepala Sikat Gigi Harus Ditutup Saat Disimpan, Mitos atau Fakta?

Banyak produsen sikat gigi menyediakan sikat gigi versi kemasan dengan penutup kepala sikat. Sebetulnya hal itu justru kurang tepat menurut drg. Callista.

"Justru enggak perlu pakai penutup kepala sikat. Ditutup malah lembab. Taruh dengan posisi kepala sikat di atas dan terbuka," tuturnya.

4. Salah Odol Bikin Gigi Bermasalah, Mitos atau Fakta?

Ada berbagai macam odol di pasaran. Ternyata gigi sensitif disarankan untuk tak menggunakan odol dengan scrub atau butiran seperti pasir. Hak itu justru membuat gigi semakin sensitif dan ngilu.

5. Sikat Gigi Harus Lama Agar Bersih, Mitos atau Fakta?

Menurut drg. Callista, sikat gigi tak usah terlalu lama. Semakin lama menyikat gigi bukan berarti akan menjamin gigi lebih bersih.

"Sikat gigi cukup 2 menit saja namun dengan cara yang tepat," ujarnya.

Editor           : Nurul Adriyana Salbiah 
Reporter      : Marieska Harya Virdhani/Jawa Pos

Berita Terkait