Sepuluh Bangunan Porak Poranda

Sepuluh Bangunan Porak Poranda

  Senin, 20 May 2019 10:33
PORAK PORANDA: Kondisi rumah warga setelah diterjang angin kencang dan hujan deras di Desa Sekulat, Kecamatan Selimbau. Setidaknya ada sepuluh bangunan yang porak poranda akibat peristiwa itu. ISTIMEWA

Berita Terkait

Desa Sekulat Diterjang Angin 

SELIMBAU – Angin kencang dan disertai hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu mengakibatkan atap sembilan rumah warga dan satu sekolah di Desa Sekulat, Kecamatan Selimbau porak poranda, Kamis (16/5) malam. Kepala Desa (Kades) Sekulat Abang Indra Saputra, membenarkan informasi mengenai kejadian angin kencang disertai hujan deras yang menimpa desanya tersebut.

Menurut Kades, ada tiga buah rumah warga yang rusak berat dan enam rusak ringan, ditambah sebuah gedung SMP 7 Satu Atap (Satap) Kecamatan Selimbau yang rusak ringan. “Totalnya ada sembilan rumah warga yang diterjang angin dan satu buah sekolah SMP,” kata Indara.

Tiga rumah warga yang mengalami kerusakan cukup parah, yaitu milik Sahrul, H.Daiman, dan Budi, di mana hampir semua atap rumah rusak. Bahkan ada yang dinding papannya miring karena kuatnya terjangan angin. Sedangkan rumah dan bangunan sekolahnya hanya seberapa bagian atap rumahnya yang rusak.

Selain menyebabkan kerusakan pada rumah warga, angin kencang juga menumbangkan beberapa pohon yang ada, tetapi tidang menyebabkan kerusakan dengan menimpa rumah warga. “Hanya mengalami kerusakan pada jembatannya saja,” ujarnya. “Syukur Alhamdulillah, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa dan korban luka. Kerugian juga belum bisa kita taksir berapa,” terang Indra.

Sejauh ini, dikatakan dia, belum ada bantuan dari berbagai pihak, baik Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu maupun pihak lainnya. Untuk sementara, hanya sedikit bantuan seadanya dari pihak desa dan masyarakat setempat kepada para korban. “Untuk sementara, warga bergotong-royong memperbaiki rumah warga yang rusak,” ungkapnya.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu langsung turun ke Desa Sekulat meninjau langsung kondisi rumah warga yang terkena angin kencang tersebut. (arf)

Berita Terkait