Sensasi Viral Pen Pineapple Apple Pen

Sensasi Viral Pen Pineapple Apple Pen

  Jumat, 30 September 2016 09:55
VIRAL: Hanya dalam tiga hari, klip PPAP Song di Facebook 9Gag sudah ditonton 54 juta kali. YOUTUBE

TOKYO – I have a pen, I have an apple. Ugh. Apple pen! Sedang terngiang lagu tersebut dalam beberapa hari terakhir? Tenang, Anda tidak sendirian. Hampir semua netizen di seluruh dunia terkena wabah lagu berjudul Pen Pineapple Apple Pen atau PPAP Song tersebut.

Diawali dari salah satu akun meme populer 9GAG yang mengunggah video tersebut di laman Facebook-nya pada Senin (26/9). Video itu lantas menyebar viral serta laris ditonton hingga nyaris 54 juta kali tadi malam.

Popularitasnya melesat cepat. Dalam tiga hari saja, sudah banyak artis YouTube yang meng-cover lagu tersebut berikut koreografinya. Ada yang membawakan lagu itu dalam versi metal sampai ala EDM yang tengah hit.

Beberapa situs berita menyatakan, lagu milik komedian dan DJ asal Jepang, Kosaka Daimaou, tersebut bakal menyaingi Gangnam Style-nya Psy pada 2012. Lirik lagu itu sebetulnya jauh dari logika. Coba simak lengkapnya. P-P-A-P. I have a pen. I have an apple. Ugh! Apple pen. I have a pen. I have pineapple. Ugh! Pineapple pen. Apple pen, pineapple pen… Ugh! Pen-pineapple-apple-pen. Pen-pineapple-apple-pen.

Hanya tentang pulpen dan apel, lalu pulpen dan nanas. Sungguh geje alias gak jelas. Namun, kenapa bisa menjadi begitu hit? Jawabannya adalah lagu tersebut memiliki semua formula untuk menjadi video viral. PPAP Song dikemas dalam beat yang sangat adiktif. Sekali mendengarnya bisa kecanduan mengulangnya terus dan terus. Selain itu, liriknya konyol ditambah dengan tarian sederhana yang riang gembira.

Daimaou pun bangga lantaran lagunya sukses menarik perhatian. Apalagi, yang meng-cover bukan cuma YouTuber Jepang, tetapi hingga mancanegara. ’’Saya sangat senang karena banyak orang dari berbagai penjuru dunia menonton PPAP. Saya sangat menghargai support kalian,’’ tulisnya di Twitter.

Dalam PPAP Song, Daimaou tidak tampil sebagai dirinya. Pria berusia 40 tahun itu menjelma menjadi Piko-Taro, alter ego yang tampil dengan dandanan nyentrik. Yakni, mengenakan kacamata, syal tebal, dan setelan bermotif animal print yang flamboyan. Mirip salah satu karakter One Piece, Borsalino.

Sebenarnya video berdurasi semenit itu diunggah Daimaou bulan lalu di akun pribadinya. Namun, berkat 9GAG, video tersebut mampu menjadi pembicaraan hangat. Daimaou menjelaskan bahwa lagu itu dibuatnya secara spontan. Bahkan, videonya merupakan sebuah kesalahan teknis. ’’Saya waktu itu merekam video ini (lagu PPAP, Red). Saya menyanyikannya terlalu awal, lebih cepat daripada tempo lagunya,’’ paparnya di akun Twitter @pikotaro_ppap.

Meski punya lirik yang nonsense, PPAP Song punya banyak penggemar. Salah satunya, Justin Bieber. Pada Selasa (27/9), Bieber mengungkapkan hal tersebut di Twitter. ’’Video favoritku di internet,’’ tulisnya. Musisi yang berkolaborasi dengan Major Lazer di lagu Cold Water itu juga menyertakan tautan video Piko-Taro.

Viralnya PPAP juga menjadi perhatian para ahli. Psikolog University of Queensland Dr Tim Byron mengungkapkan bahwa lagu itu mudah diingat dan melekat dengan cepat di otak karena supersimpel. ’’Tidak butuh double process. Lirik dan nadanya sederhana. Otak langsung mengingat PPAP, bahkan saat kita cuma mendengar bagian dari lirik seperti apple, pen, atau pineapple,’’ ungkapnya sebagaimana dikutip ABC News. (fam/c14/ayi)