Senam Aerobik, Jaga Kesehata dan Tubuh Ideal

Senam Aerobik, Jaga Kesehata dan Tubuh Ideal

  Jumat, 15 March 2019 10:42

Berita Terkait

Aerobik bisa jadi pilihan untuk berolahraga. Senam beragam gerakan dengan iringan irama musik ini memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan tubuh dan mempertahankan berat badan agar terlihat ideal. 

Oleh : Ghea Lidyaza Safitri

Pada dasarnya, semua aktivitas yang menggunakan oksigen untuk membakar kalori dalam memproduksi energi dan meningkatkan detak jantung bisa disebut sebagai olahraga aerobik. Namun, di Indonesia, aerobik diidentikkan sebagai senam.

Senam aerobik adalah rangkaian gerakan yang mengaktifkan otot-otot tubuh, pembentukan bagian tubuh, serta membakar kalori. Seperti senam umumnya, aerobik juga diiringi dengan musik yang energik. Sehingga terasa menyenangkan.

Instruktur Aerobik Planet Fit, Tri Eka Yanti mengatakan gerakan senam aerobik tak baku. Gerakan lebih bebas dan sesuai improvisasi instruktur. Tak seperti senam kesehatan jasmani (SKJ) yang gerakannya sudah ditentukan. 

"Terpenting, gerakan tak menyalahi aturan yang ada, serta antara ketukan dan hitungan saat senam sama,” ujarnya saat ditemui di Planet Fit, Kamis (14/3).

Perempuan yang akrab disapa Yanti menuturkan ada tiga tahapan dasar dalam aktivitas senam aerobik. Yakni, pemanasan, inti, dan pendinginan.

Pemanasan wajib dilakukan agar saat melakukan senam aerobik tak mengalami cedera. Karena aerobik tak memfokuskan pada satu bagian tubuh saja.  Tapi, menyeluruh ke bagian tubuh. Mulai dari tangan, bahu, punggung, tangan, perut, bokong, paha, kaki, dan lainnya.

Gerakan pada bagian tubuh juga beragam. Misalnya, pada bagian kaki. Gerakan senam yang dilakukan tak hanya sekadar berdiri atau duduk. Melainkan kombinasi antara keduanya, yakni duduk dan berdiri. Buka dan tutup kaki, atau lainnya.

Bagi pemula atau seseorang yang memiliki aktivitas tak terlalu padat dan berlebihan,  senam aerobik dapat dilakukan tiga kali seminggu selama satu jam. Namun, rentang waktu ini bergantung kembali dengan kemampuan tubuh. Jangan sampai terlalu memporsir tubuh.

Sebelum melakukan senam aerobik, penting bagi seseorang untuk mempersiapkan stamina. Usahakan daya tahan tubuh dijaga dengan cara makan dan tidur yang teratur. Serta, mempersiapkan fisik agar latihan berjalan lancar tanpa cedera.**

Berita Terkait