Semua Etnis Bersatu Menangkan Midji-Norsan

Semua Etnis Bersatu Menangkan Midji-Norsan

  Selasa, 12 June 2018 10:00
DUKUNGAN: Pasangan Midji-Norsan mendapatkan dukungan dari multietnis. IST

Berita Terkait

KALIMANTAN Barat dikenal sebagai miniatur Indonesia karena memiliki berbagai macam yang etnis tinggal di provinsi yang mempunyai julukan 'seribu sungai' ini. Kini, kurang dari sebulan lagi tepatnya tanggal 27 Juni 2018, Kalbar akan menggelar Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan menentukan nasib Kalbar lima tahu kedepan.

Masing-masing masyarakat dari berbagai etnis, telah menentukan pilihan terhadap Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang merupakan putra daerah Kalbar terbaik. Dukungan tersebut tertuju pada pasangan calon nomor urut tiga, Sutarmidji dan Ria Norsan atau yang dikenal sebagai duet Midji-Norsan.

Seperti yang dinyatakan oleh etnis Melayu diwakilkan oleh Firman Muntaco selaku Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Melayu Kalimantan Barat. Menurutnya, masyarakat Melayu di Kalbar wajib hukumnya untuk memenangkan Sutarmidji dan Ria Norsan. 

"Sebagai etnis Melayu yang mengharapkan perubahan Kalbar yang lebih baik, kita sudah seharusnya dan wajib hukumnya untuk memilih dan mendukung Midji-Norsan, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat kedepan," jelas Firman Muntaco.

Tidak hanya itu, dukungan juga datang dari etnis Dayak. Hal tersebut ditegaskan oleh beberapa temenggung Dayak dan Tokoh Dayak, seperti Adrianus Asia Sidot. Menurut mantan Bupati Landak dua periode ini, Sutarmidji layak memimpin Kalimantan Barat. "Sutarmidji kalau saya rasa merupakan pemimpin yang layak memimpin Kalimantan Barat. Kapasitasnya tidak diragukan dan kita semua tahu bagaimana Pontianak berubah lebih baik ditangan Sutarmidji, begitupun dengan Ria Norsan yang berhasil di Mempawah" jelas Adrianus Asia Sidot.

Selain itu, masyarakat etnis Madura juga menyatakan dukungan untuk Midji-Norsan. Hal tersebut disampaikan oleh Usman Alatas selaku tokoh Madura di Kalbar. "Sutarmidji punya kapasitas seorang pemimpin yang berprestasi. Selain itu, ditambah Ria Norsan yang juga berprestasi, sebagai pendampingnya," jelas Usman Alatas selaku Tokoh Masyarakat Madura Kabupaten Mempawah.

Bahkan masyarakat etnis Tionghoa pun tidak mau ketinggalan untuk  menyatakan dukungan kepada Midji-Norsan. Seperti yang disampaikan oleh Hak Sao Min selaku tokoh Tionghoa di Kalimantan Barat.

Menurutnya, masyarakat Tionghoa tidak tertutup mata dan hati dalam menggunakan hak suaranya di Pilgub Kalbar 2018. Pasalnya, Masyarakat Tionghoa memilih Gubernur pasti berdasarkan prestasi dan kinerja yang sudah terbukti. Dirinya menilai Midji-Norsan layak memimpin Kalimantan Barat.

"Kita tidak bisa bohong atau menutup mata dan hati, kita masyarakat Tionghoa memilih pemimpin yang sudah terbukti kinerja dan prestasinya. Saya lihat Midji-Norsan lah yang paling punya kapasitas tersebut," jelas Hok Sao Min.

Sementara itu, masyarakat dari etnis Bugis pun juga memberikan doa dan restu kepada Midji-Norsan untuk pimpin Kalbar. Hal tersebut dikatakan langsung oleh Ketua KKSS di Kubu Raya, Burhan. "Sutarmidji yang dikenal berprestasi dan terbukti kinerjanya. Semoga apa yang dicitakan beliau tercapai, yakni memimpin Kalbar," kata Burhan. (r/*)

 

Berita Terkait