Semua Anak Wajib Sekolah Bupati Sambas Berikan Perha

Semua Anak Wajib Sekolah Bupati Sambas Berikan Perha

  Jumat, 26 April 2019 10:37
PENDIDIKAN: Bupati Sambas H Atbah Romin Suhaili berharap tak ada anak usia sekolah yang tak bisa melanjutkan pendidikan, dengan alasan keterbatasan ekonomi. OZY/Pontianak Post

Berita Terkait

Bupati Sambas Berikan Perhatian

SAMBAS – Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc berharap tak ada anak usia pelajar tak melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi dikarenakan kekurangan biaya. Hal tersebut ditegaskannya menjelang pelaksanaan Penerimaan Peserta Disik Baru (PPDB) tahun ini. “Jangan sampai, karena kemiskinan, tak ada biaya anak Sambas tak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang selanjutnya,” kata Bupati Sambas.

Menurutnya, anak-anak Sambas usia pelajar. Harus melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan selanjutnya, setelah lulus Sekolah Dasar, harus melanjutkan ke tingkat SMP, setelah lulus SMP kemudian ke jenjang SMA. “Pemerintah bertanggung jawab akan hal ini (kalau sampai ada anak gagal melanjutkan sekolah karena keterbatasan keluarga),” katanya.

Atbah berharap peran semua pihak, melakukan pemetaan jika ada di lingkungannya masing-masing anak-anak usia pelajar karena keterbatasan ekonomi keluarga berpotensi tak melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi. “Paling tidak, semua pihak memberikan data potensi kepada pemerintah jika di lingkungannya ada anak usia pelajar berpotensi tak melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi dikarenakan biaya,” katanya.

Termasuk peran orang tua atau keluarga, juga sangat penting. Jika memang keterbatasan biaya, sampaikan ke pemerintah. Nantinya akan dicarikan solusi. Bupati juga berharap, proaktif dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sambas, untuk memetakan potensi anak tak melanjutkan pendidikan. Kemudian Pihak sekolah, juga bisa sampaikan data ke Dinas jika anak didiknya karena keterbatasan ekonomi orang tua, tak melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

“Paling penting, peran kepala sekolah dan jajarannya, yang bisa memberikan data potensi anak yang tak bisa melanjutkan pendidikan. Kemudian Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sambas, saya minta proaktif mencari data berkaitan potensi anak yang tak melanjutkan pendidikan,” katanya. Hal ini, sebut Atbah, akan menjadi perhatian serius dirinya. Lantaran, kondisi yang ada berkaitan erat dengan pembangunan Kabupaten Sambas, khususnya Sumber Daya Manusia (SDM). “Jangan sampai anak Sambas tak sekolah, harus dibantu, harus dicarikan solusi berkaitan dengan pendidikan generasi penerus. Apalagi karena keterbatasan ekonomi orang tua, menjadikan anak tak mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan lebih lanjut. Ini jangan sampai terjadi,” katanya. (fah)

Berita Terkait