Seminar Nasional Literasi Media Digital, Sinshe Lim Suriady Tampil jadi Pembicara

Seminar Nasional Literasi Media Digital, Sinshe Lim Suriady Tampil jadi Pembicara

  Selasa, 27 November 2018 10:19
Yuliandre Darwis, Sutopo Purwo Nugroho, Sinshe Lim Suriady, Romano Bhaktinegara

Berita Terkait

PROGRAM Pendididikan Vokasi Universitas Indonesia menggelar seminar nasional Literasi Media Digital Mahasiswa Anti Hoax.  Seminar akan dilaksanakan pada Rabu (5/12) mendatang di Auditorium Vokasi, Universitas Indonesia.

Ketua panitia seminar Reska Herlambang menjelaskan kegiatan ini akan menampilkan empat orang pembicara. Mereka adalah Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Yuliandre Darwis, Sutopo Purwo Nugroho yang merupakan tokoh teladan anti hoax.  Kesehariannya sebagai Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB RI. Sedangkan dua pembicara lainnya Sinshe Lim Suriady, penemu Nutrisi Alami Ceak Po asal Pontianak, dan Romano Bhaktinegara, PR dan Digital Branding Expert.

Dijelaskan Reska Herlambang, perkembangan media digital di Indonesia sangat pesat. Beberapa tahun terakhir mayoritas masyarakat dari semua golongan memanfaatkan media digital sebagai media informasi, edukasi dan hiburan.

“Disisi lain, perkembangan media digital yang begitu pesat ternyata memiliki dampak negative apabila tanpa pemahaman dan pendidikan bagi masyarakat untuk mengolah informasi yang mereka terima,” kata dosen Komunikasi Vokasi UI ini.

Berbagai berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya (hoax) banyak beredar disejumlah media digital yang memiliki dampak yang sangat buruk bagi masyarakat.  “Tentu hal ini perlu mendapatkan perhatian serius dari semua pihak,” ujar Reska.

Panitia menargetkan peserta seminar diikuti sekitar 500 orang mahasiswa. Kegiatan ini dirancang sebagai salah satu sarana pembinaan mahasiswa agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengatasi berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. 

Acara diakhiri dengan Deklarasi Mahasiswa Universitas Indonesia sebagai Pelopor Mahasiswa Anti hoax tingkat Nasional.**

Berita Terkait