Seminar Bunda PAUD dan Gugus PAUD

Seminar Bunda PAUD dan Gugus PAUD

  Senin, 23 July 2018 10:11
ARAHAN: Asisten III Setda Kayong Utara Munirah saat memberikan arahan saat membuka Seminar Bunda PAUD dan Gugus PAUD, Rabu (18/7). HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

Dengan PAUD Bentuk Anak Berkualitas

SUKADANA – "Tujuan utama dari PAUD adalah untuk membentuk anak yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya,” ujar Munirah, asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Kayong Utara. Hal tersebut diungkapkan dia saat membuka Seminar Bunda PAUD dan Gugus PAUD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kayong Utara, di Balai Praja Sukadana, Rabu (18/7).

Harapan dia, dengan dididik secara PAUD, anak-anak akan memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar, serta mengarungi kehidupan di masa remaja. Dijelaskan Munirah, Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai berusia 6 tahun. “Yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut,” ungkapnya.

Ditambahkannya, penyelenggaraan PAUD dapat dilakukan dalam bentuk formal, nonformal, dan informal. Pada jalur formal, dia mengungkapkan, ada lembaga Taman Kanak-Kanak (TK) dan lembaga sejenis lainnya. Sementara pada jalur nonformal, dia menambahkan, diselenggarakan oleh masyarakat atas kebutuhan dari masyarakat sendiri, seperti taman pendidikan anak (TPA).

"Sedangkan pendidikan di jalur informal, dilakukan oleh keluarga atau lingkungan. Pendidikan Informal bertujuan memberikan keyakinan agama, menanamkan nilai budaya, nilai moral, etika dan kepribadian, estetika, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional," ungkapnya.

Melalui kegiatan ini, Munirah yang mewakili Pemerintah Daerah berharap dapat menambah pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman para Bunda PAUD dan Gugus PAUD dalam mengelola lembaga PAUD. Sehingga, dengan demikian harapan dia, mereka dapat membantu Dinas Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan PAUD di Kabupaten Kayong Utara. (dan/humas)

Berita Terkait